[SALAH] Foto Pengibaran Bendara Hitam di Iran Berarti Seruan Perang atau Balas Dendam
By: Date: 25 Oktober 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya pengibaran bendara dalam foto tersebut adalah simbol dari berduka, bukan menandakan perang atau balas dendam. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/Ok1da

= = =

Narasi:

“Iran mengibarkan bendera hitam “balas balas dendam” Bendera hitam dikibarkan di Makam Imam Reza di Masyhad, Iran yang berarti seruan balas dendam atau perang. Hal ini terjadi setelah serangan terhadap sebuah rumah sakit di Gaza yang berjumlah sedikitnya 500 orang. Terakhir kali bendera hitam dikibarkan adalah setelah dibunuhnya Qassem Soleimani oleh Amerika. Jika bendera berubah menjadi merah, itu akan menjadi seruan awal balas dendam pan-Muslim.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah foto yang menunjukkan pengibaran bendera hitam di atas kubah emas yang diklaim merupakan tanda balas dendam atau menyatakan perang di Iran. Diketahui kubah emas tersebut berada di masjid makam Imam Reza, atau yang lebih dikenal dengan Imam Reza Holy Shrine.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah, faktanya beberapa sumber menyebut bahwa bendera hitam yang dikibarkan di atas kubah emas tersebut adalah tanda berduka, bukan simbol menyatakan perang atau balas dendam. Dilansir dari Kompas.com, otoritas masjid makam Imam Reza memasang bendera tersebut sebagai bentuk keprihatinan atas serangan rumah sakit di Gaza hingga menewaskan setidaknya 471 orang.

Narasi postingan tersebut menyebut bahwa pengibaran bendera yang sama terakhir kali dikibarkan setelah dibunuhnya Qassem Soleimani yang diketahui dibunuh pada 3 Januari 2020. Setelah ditelusuri klaim tersebut salah, faktanya bendera tersebut rutin dikibarkan setahun sekali tepatnya pada saat Muharram yang dianggap sebagai bulan berkabung memperingatinya sebagai kesyahidan Imam Hussein yang menjadi momen penting bagi Islam Syiah di Iran.

Dengan demikian, pengibaran bendara hitam di Iran berarti seruan perang atau balas dendam adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/10/25/101100982/-hoaks-bendera-hitam-di-iran-isyaratkan-seruan-balas-dendam?page=all#page2

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33YX3FM

https://www.reuters.com/fact-check/black-flag-raised-by-iranian-shrine-mourning-occasions-2023-10-23/

https://en.wikipedia.org/wiki/Qasem_Soleimani

= = =