[SALAH] Foto Ribuan Ikan Mati di Lautan Busan Korsel Pasca Pembuangan Limbah Nuklir Jepang Agustus 2023
By: Date: 4 Oktober 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya foto tersebut diambil pada 2022 di sebuah teluk bagian selatan Kota Changwon, bukan di Busan. Sehingga tidak ada kaitannya akibat dari pembuangan limbah nuklir dari Jepang pada Agustus 2023. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.vn/kobqa

= = =

Narasi:

“Ikan mati berbondong-bondong di lepas pantai Busan hanya beberapa jam setelah pembuangan air yang tercemar.” Air yang terkontaminasi yang dikatakan baik-baik saja berubah menjadi situasi yang serius sejak hari pertama pembuangannya.”

Narasi pada Foto:

“Lokasi pembuangan air yang terkontaminasi di Fukushima”

“pantai Busan”

= = =

Penjelasan:

Unggahan di Facebook yang menunjukkan ribuan ikan mati di lautan, foto tersebut diklaim merupakan di Busan beberapa jam setelah pembuangan limbah nuklir dari Fukushima Jepang pada Agustus 2023.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah, faktanya foto tersebut diambil pada Oktober 2022 di sebuah teluk bagian selatan Kota Changwon, Korea Selatan, bukan di Busan. Mengutip dari AFP, Institut Ilmu Perikanan Nasional menyebut bahwa insiden tersebut terjadi di pesisir selatan Kota Changwon dan Tongyeong akibat dari kurangnya kadar oksigen di dalam air.

Dengan demikian ribuan ikan mati di lautan Busan Korsel pasca pembuangan limbah nuklir Jepang Agustus 2023 adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33U48N6

= = =