[SALAH] Foto Villa Pribadi Presiden Putin
By: Date: 31 Desember 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Foto tersebut adalah Kawah Diamond Head di Hawaii, bukan villa pribadi milik Presiden Vladimir Putin.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Media dcinside.com
https://archive.ph/SJJcK

=====

Narasi:
“Villa Pribadi Putin. Sangat mewah”.

=====

Penjelasan:
Media Korea dcinside.com mengunggah foto rumah mewah privat yang dikelilingi oleh kawah hijau besar. Media tersebut menklaim bahwa itu adalah villa privat milik Presiden Rusia, Vladimir Putin yang sangat mewah. Foto di situs tersebut diunggah pada 14 Desember lalu.

Setelah melakukan penelusuran dengan Google Reverse Image Search, informasi tersebut menyesatkan. Foto yang sama persis telah banyak beredar di internet, salah satunya di platform media sosial Instagram, konten blog dan bahkan di situs resmi tempat tersebut.

Akun Instagram bernama @paulette4real mengunggah foto tersebut pada 27 November 2023 dengan tagar #hawaiiadventures. Pengguna media lain dengan nama blog Stumptown Blogger juga mengunggah foto yang sama persis dan diberi judul “Amazing Shot of Diamond Head – Hawaii”.

Selain itu, Diamond Head Hawaii juga memiliki situs resmi bernama hawaii.gov yang memberikan informasi detil mengenai tempat tersebut. Melihat dari situs hawaii.gov, foto yang diunggah di media dcinside.com terpampang di kumpulan foto-foto tempat Diamond Head Hawaii di situs tersebut.

Dengan demikian, informasi yang ditulis di media Korea Selatan dcinside.com merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.instagram.com/p/C0H0ERKyUA2/

https://www.stumptownblogger.com/2023/11/amazing-shot-of-diamond-head-hawaii.html

https://dlnr.hawaii.gov/dsp/parks/oahu/diamond-head-state-monument/