[SALAH] Foto “Xavier Bettel Perdana Menteri Luxembourg datang ke sebuah acara dengan istri lelakinya, Gauthier Destenay (brewok pakai longdress)”
By: Date: 31 Mei 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Bukan foto Perdana Menteri Luxembourg, melainkan foto penyanyi Austria Conchita Wurst bersama manajer bisnisnya di Vienna Opera Ball 2019.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konteks yang Salah

====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/w60QQ

====

Narasi:

“Kaum Nabi Luth”

Narasi dalam foto:

“Xavier Bettel Perdana Menteri Luxembourg datang ke sebuah acara dengan istri lelakinya, Gauthier Destenay (brewok pakai longdress). Dunia semakin edan, astaghfirullah..”

====

Penjelasan:

Akun Twitter ErSat_AREMA021☝️ (@eRSAT_AREMA021) mengunggah cuitan berupa foto yang diklaim sebagai foto Perdana Menteri Luxembourg Xavier Bettel bersama dengan pasangannya Gauthier Destenay yang memakai gaun panjang saat menghadiri sebuah acara. Cuitan yang diunggah pada 20 Mei 2022 mendapat atensi berupa 190 retweet dan 661 suka.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto cuitan itu adalah foto penyanyi Austria bernama Conchita Wurst atau Thomas Neuwirth bersama sang manajer di Vienna Opera Ball 2019. Foto tersebut ditemukan dalam artikel media asal Jerman, Kurier, berjudul “Opernball: Conchita in weißem Kleid und mit Glatze” atau “Opera Ball: Conchita in a white dress and with a bald head” yang terbit pada 28 Februari 2019. Dalam artikel itu, disebutkan bahwa kehadiran Conchita sebagai tamu undangan dari Menteri Kehakiman Austria Josef Moser dan untuk menekankan pentingnya pemilu Uni Eropa pada Mei 2019.

Sebagai tambahan, Perdana Menteri Luxembourg Xavier Bettel sempat masuk pemberitaan media terkait pernikahan sesama jenis yang ia lakukan dengan pasangannya, Gauthier Destenay tahun 2015.

Dengan demikian, cuitan akun Twitter ErSat_AREMA021☝️ (@eRSAT_AREMA021) dikategorikan sebagai Konteks yang Salah.

====

Referensi:

https://kurier.at/style/opernball-conchita-in-weissem-kleid-und-mit-glatze/400421798

https://www.merdeka.com/dunia/3-pemimpin-dunia-ini-menikahi-sesama-jenis.html

Editor: Bentang Febrylian