[SALAH] Gambar Tangkapan Layar Artikel Detik.com “Kolektor mobil esemka asal Jawa Tengah mempunyai ribuan koleksi esemka dari berbagai tipe. ketika ditanya penampakan mobilnya dia menjawab “harus puasa mutih dulu mas””
By: Date: 7 Juni 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.

Gambar tersebut telah disunting pada bagian judul. Faktanya, judul artikel yang asli adalah “Penampakan Garasi PO Ardiansyah-Kosong Melompong Usai Kecelakaan Maut “.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Parodi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/EciXG

= = = = =

NARASI:
” 😂 “
= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Cebong pada 2 Juni 2022 memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel milik Detik.com. Artikel tersebut berjudul ” Kolektor mobil esemka asal Jawa Tengah mempunyai ribuan koleksi esemka dari berbagai tipe. ketika ditanya penampakan mobilnya dia menjawab “harus puasa mutih dulu mas””.

Setelah ditelusuri melalui website Detik.com dengan mengacu pada keterangan tanggal yaitu 21 Mei 2022 pukul 15.34 WIB ditemukan artikel asli berjudul “Penampakan Garasi PO Ardiansyah-Kosong Melompong Usai Kecelakaan Maut”. Terdapat kesamaan antara postingan Facebook dengan artikel asli yang terletak di gambar artikel kemudian terdapat keterangan Detikjatim pada atas judul. Jika dilihat judul pada postingan Facebook dan artikel asli berbeda.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel Detik.com telah disunting pada bagian judul. Judul artikel yang asli adalah “Penampakan Garasi PO Ardiansyah-Kosong Melompong Usai Kecelakaan Maut” sehingga masuk dalam kategori parodi.

REFERENSI:
https://www.detik.com/jatim/berita/d-6088534/penampakan-garasi-po-ardiansyah-kosong-melompong-usai-kecelakaan-maut