[SALAH] Gambar Tangkapan Layar CNN Indonesia Berjudul “Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI, Netizens: Kau Pikir Kampung Melayu itu Punya Bapak Ello”
By: Date: 26 November 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tangkapan layar CNN Indonesia tersebut merupakan hasil suntingan. Faktanya, judul yang asli adalah “Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI”.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1700570847.250582/index.html

= = = = =

NARASI:
“Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI, Netizens: Kau Pikir Kampung Melayu itu Punya Bapak Ello”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Aisyah Hanun Aqilah memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel CNN Indonesia berjudul “Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI, Netizens: Kau Pikir Kampung Melayu itu Punya Bapak Ello”. Postingan tersebut diunggah pada 12 September 2023.

Setelah ditelusuri menggunakan indeks pada website CNN Indonesia menggunakan keterangan tanggal pada tangkapan layar yaitu 1 Desember 2022. Ditemukan judul asli berjudul “Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI”. Jika dilihat terdapat kesamaan pada tanggal unggah serta gambar pada artikel. Berdasarkan perbandingan tangkapan layar artikel di Facebook sudah tambahi kalimat “Netizens: Kau Pikir Kampung Melayu itu Punya Bapak Ello”, dalam artikel asli juga tidak ditemukan kalimat tersebut.

Dengan demikian gambar tangkapan layar CNN Indonesia berjudul “Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI, Netizens: Kau Pikir Kampung Melayu itu Punya Bapak Ello” merupakan hasil suntingan. Judul yang asli adalah “Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI”, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20221201174758-92-881548/luhut-ancam-buldoser-orang-yang-halang-halangi-investasi-ke-ri
https://turnbackhoax.id/2023/09/12/salah-luhut-ancam-buldoser-orang-yang-halang-halangi-investasi-ke-ri-termasuk-warga-rempang-akan-disapu-bersih-jika-menjadi-perusuh-dan-penghalang-investasi/