[SALAH] Ganjar Disambut Meriah Oleh Raja Salman dan Doakan Jadi Presiden
By: Date: 30 September 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Ganjar disambut meriah oleh Raja Salman dan didoakan menjadi presiden adalah konten yang dimanipulasi. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi mengenai hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695786733.311835/index.html

====
[NARASI]: “ KEMENANGAN GANJAR DI DAPAN MATA !! RIBUAN RELAWAN DI ARAB SAODI DEKLARASI DUKUNG GANJAR MAJU 2024”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “TOPIK NEWS” mengunggah video dengan klaim bahwa Ganjar disambut meriah oleh Raja Salman dan langsung didoakan menjadi presiden. Faktanya tidak ada bukti kredibel mengenai hal tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran gambar dalam thumbnail yang menunjukkan pertemuan antara Ganjar dengan Raja Salman adalah hasil editan. Gambar asli tersebut bersumber dari detik.com yang diambil saat Raja Salman menghadiahkan kiswah kepada Masjid Istiqlal, jakarta.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Dalam video tersebut membahas mengenai dukungan migran Indonesia yang bekerja di Arab kepada Ganjar Pranowo. Ternyata narasi dalam video tersebut diambil dari artikel berita milik strategi.id yang berjudul “Acara Deklarasi Ganjar Pranowo di Kota Jeddah Saudi Arabia Melebihi Kapasitas, Banyak Relawan Tidak Bisa Masuk”. Tidak ditemukan bukti yang kredibel terkait sambutan meriah dari Raja Salman kepada Ganjar Pranowo. Sehingga dapat disimpulkan unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi.

==========

[REFERENSI]

[1] https://www.strategi.id/internasional/1049871994/acara-deklarasi-ganjar-pranowo-di-kota-jeddah-saudi-arabia-melebihi-kapasitas-banyak-relawan-tidak-bisa-masuk
[2] https://news.detik.com/berita/d-3436658/raja-salman-kagumi-masjid-istiqlal-yang-khas-dan-bersejarah

sumber asli: https://youtu.be/sre8_BsVbPM?si=Q9OHTAlqQ2Kt3Ftu