[SALAH] GEGER !! GANJAR DI USIR PAKSA PPP || PERLAWANAN MENGERIKAN PILIH & BERI DUKUNGAN KE ANIES
By: Date: 30 Agustus 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim Ganjar diusir paksa oleh PPP. Unggahan tersebut hanya menarasikan artikel tentang dukungan GPK terhadap Anies sebagai capres 2024.

=========
[KATEGORI]: Konten dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1692977865.250478/singlefile.html (YouTube)

=====
[NARASI]: “GEGER !! GANJAR DI USIR PAKSA PPP || PERLAWANAN MENGERIKAN PILIH & BERI DUKUNGAN KE ANIES”

============
[PENJELASAN]:
Akun YouTube Politik Rakyat Indonesia pada 24 Agustus 2023 mengunggah video dengan judul “GEGER !! GANJAR DI USIR PAKSA PPP || PERLAWANAN MENGERIKAN PILIH & BERI DUKUNGAN KE ANIES”  Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Video yang berdurasi 5 menit 52 detik itu menyampaikan narasi yang berbeda dengan judul. Judul pada unggahan tersebut  menyatakan Ganjar diusir oleh PPP akan tetapi apa yang dinarasikan dalam unggahan tersebut tidak ada pembahasan yang menyebutkan bahwa PPP mengusir Ganjar.

Unggahan tersebut menarasikan artikel berjudul “Organ Sayap PPP di Pusat hingga Daerah Dukung Anies Baswedan” yang diunggah pada laman medcom.id tanggal 14 Agustus 2023. Artikel ini membahas tentang dukungan yang diberikan GPK sebagai organisasi underbow PPP kepada Anies pada pemilu 2024. Berbeda dengan PPP yang mendukung Ganjar, menurut Tommy sebagai ketua umum GPK mempunyai hak untuk mendukung siapa capres yang akan maju 2024, sehingga GPK pusat hingga daerah kompak mendukung Anies pada pemilu 2024.

==========
[REFERENSI]:
– https://www.medcom.id/pemilu/news-pemilu/yKXE2q9N-organ-sayap-ppp-di-pusat-hingga-daerah-dukung-anies-baswedanorgan-sayap-ppp-di-pusat-hingga-daerah-dukung-anies-baswedan