[SALAH]: Gibran hanya sedikit bicara saat kampanye
By: Date: 14 Desember 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Laurensius Raka.

[FAKTANYA]: Video yang menampilkan ketidakpuasan masyarakat akan aspirasi yang diucapkan Gibran saat berkampanye itu adalah tidak benar. Video tersebut telah dipotong dan dimanipulasi dengan kalimat-kalimat yang memprovokasi.

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

===

[SUMBER]: INSTAGRAM

https://ghostarchive.org/archive/dUhLg

[NARASI]: PENDUKUNG SENDIRI PUN BINGUNG Isi otaknya Cuma segitu

===

[PENJELASAN]: Beredar sebuah video di media sosial Instagram yang berisi cawapres Gibran sedang menyampaikan aspirasinya kepada masyarakat ditutup dengan ketidakpuasan masyarakat akan apa yang disampaikan Gibran kepada masyarakat dibuktikan dengan menanggapi Gibran dengan kata “segitu aja mas gibran, jauh-jauh dari Solo?”.

Namun setelah ditelusuri video tersebut ternyata hanyalah potongan dari video yang asli. Yang sebenarnya terjadi adalah Cawapres Gibran sedang menghadiri Deklarasi Buruh Pelabuhan di Cilincing. Dalam video Gibran mengatakan akan memberikan sertifikat profesi kepada buruh dan akan langsung melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan rusun di daerah tersebut. Kata-kata “segitu aja mas Gibran, jauh-jauh dari Solo?” yang diucapkan tersebut telah dipotong Kalimat yang benar adalah sebuah kalimat pujian kepada cawapres paslon 2 yang telah menghadiri deklarasi buruh pelabuhan tersebut berbunyi, “segitu aja mas, jauh-jauh dari solo?, tajam lho kata-katanya, tidak perlu tunggu pemilu rusun ini langsung di perbaiki!!”.

Dengan demikian video yang memperlihatkan Gibran minim bicara tersebut adalah tidak benar dan masuk kategori Konten yang Menyesatkan.

[SUMBER]: https://www.youtube.com/live/HeeZXmBfhsc?si=nRH0l16Dm4DdQ-ED