[SALAH] Grup Telegram “BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL”
By: Date: 23 Februari 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, Kementerian Investasi – Badan Koordinasi Penanaman Modal menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah memiliki grup Telegram terkait pengelolaan dana investasi serta tidak pernah membuka jasa investasi.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Tiruan

====

Sumber: Telegram

====

Narasi:

“Program Yang Kami Laksanakan ini, untuk dapat Meningkatkan Perekonomian Masyarakat yang belum mengerti tentang PASAR SAHAM DUNIA,. KAMI PROFIT ANDA UNTUNG, MODAL ANDAPUN JELAS AMAN ✅

AYO SEGERA JOIN
ADMIN:
👇🏻👇🏻

@Cs_BUDY_FRENSIDY”

====

Penjelasan:

Telah beredar grup Telegram “BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL” dengan 2.166 anggota. Grup tersebut mengklaim memiliki program yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang belum memahami informasi seputar saham dan menjanjikan adanya profit.

Berdasarkan hasil penelusuran, grup Telegram tersebut bukanlah grup resmi milik BKPM. Melalui utas akun Twitter resmi Kementerian Investasi – BKPM pada 8 Mei 2021, pihaknya mengonfirmasi tidak pernah memiliki grup Telegram/WhatsApp terkait pengelolaan dana investasi dan tidak pernah membuka jasa investasi dengan profit yang tidak masuk akal. BKPM juga meminta masyarakat untuk berhati-hati dengan oknum yang mengatasnamakan Kementerian Investasi/BKPM.

Sebagai tambahan, hoaks serupa sebelumnya pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax terbit pada 9 Oktober 2021 dengan judul [SALAH] Akun Telegram Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dengan Admin Grup Thomas Lembong.

Dengan demikian, grup Telegram “BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL” dikategorikan sebagai Konten Tiruan.

====

Referensi:

Editor: Bentang Febrylian