[SALAH] Gunung Merapi Kubur 15 Desa Secara Brutal April 2023
By: Date: 29 April 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Informasi tidak benar. Pengunggah menarasikan beberapa artikel terkait erupsi Gunung Merapi yang didapat dari internet. Gambar pratinjau yang disematkan, bukan erupsi Gunung Merapi melainkan Gunung Semeru.

=============
[KATEGORI]

Konten dimanipulasi

===========
[SUMBER]

YouTube
https://archive.cob.web.id/archive/1682260476.547093/singlefile.html

[NARASI]
“BENCANA ALAM HARI INI KACAU BALAU…MALAM INI GUNUNG MERAPI KUBUR 15 DESA SECARA BRUTAL”

==============
[PENJELASAN]

Akun Youtube Duta Bencana mengunggah video yang diklaim Gunung Merapi erupsi hingga mengubur 15 desa. Video itu, menampilkan video amatir letusan gunung. Gambar pratinjau pada video, memvisualkan carut marutnya dampak letusan gunung. Faktanya, klaim tersebut tidak benar.

Pengunggah menggunakan narasi dari dua artikel berita media.com dengan judul “Gunung Merapi Muntahkan Lava 132 Kali Sepekan” artikel tanggal 15 April 2023, dan judul “Gunung Merapi Luncurkan 26 Kali Guguran Lava Pijar Hari Ini” yang diunggah tanggal 09 April 2023. Selain dari media.com, pengunggah juga mengutip artikel dari detik.com dengan judul “Merapi Erupsi Luncurkan Lava Pijar Terjauh Capai 800 Meter Ke Kali Krasak” artikel ini terbit Januari 2021.

Video Youtube yang telah dilihat 3 ribu kali itu, menampilkan gambar pratinjau yang tidak sesuai. Foto yang ditampilkan bukan terjadi di Gunung Merapi, melainkan kejadian meletusnya Gunung Semeru. Foto tersebut diambil dari beritasatu.com dan pikiranrakyat.com, link foto tertera pada referensi.

Dengan demikian, video YouTube yang mengklaim bahwa Gunung Merapi kubur 15 desa secara brutal adalah salah. Tidak ditemukan informasi yang valid mengenai klaim itu. Unggahan tersebut termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

============
[REFERENSI]

https://www.beritasatu.com/nasional/863423/tni-kerahkan-pasukan-khusus-bantu-evakuasi-korban-semeru

https://indramayu.pikiran-rakyat.com/nusantara/pr-113173095/semeru-terkini-data-bnpb-total-korban-meninggal-22-orang-3-belum-teridentifikasi

https://www.medcom.id/amp/zNPYGAPb-gunung-merapi-muntahkan-lava-132-kali-sepekan

https://www.medcom.id/amp/PNgy5GLk-gunung-merapi-luncurkan-26-kali-guguran-lava-pijar-hari-ini

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5325496/merapi-erupsi-luncuran-lava-pijar-terjauh-capai-800-meter-ke-kali-krasak