[SALAH] HAMAS RUSAK GEREJA DAN TENDANG PATUNG YESUS DI GAZA
By: Date: 7 November 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut adalah video perusakan gereja di Filipina oleh kelompok Abu Sayyaf dan kelompok Maute. Video identik telah beredar di internet sejak 2017.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1698641610.926085/index.html (Twitter)

=======

[NARASI]:
(Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia)

#HamasTerrorist menghancurkan Gereja Baptis di kota #Gaza dan menendang patung Yesus, apakah ini perjuangan mereka untuk merebut kembali tanah mereka atau Jihad melawan agama lain di dunia ini, tanyakan pada diri kalian sendiri!!

#HamasWarCrimes #GazaChurch #HamasISIS #IsraelUnderAttack #IsraelFightsBack #Israel #Palestine #Gaza #JihadAgainstJews #Jewsunderattack

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari akun X (Twitter) dengan nama pengguna @MithilaWaala yang menampilkan perusakan sebuah gereja dengan narasi yang mengklaim bahwa Hamas merusak gereja di Gaza dan menendang patung Yesus.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan video serupa dari channel youtube resmi New York Post berjudul “ISIS defaces and destroys a Catholic church in the Philippines | New York Post” yang diunggah pada 6 Juni 2017.

Video tersebut merupakan peristiwa perusakan sebuah gereja Katholik di Filipina oleh kelompok Abu Sayyaf dan kelompok Maute yang diketahui memiliki hubungan dengan kelompok teroris ISIS pada 2017 silam.

Dengan demikian, klaim narasi yang disebarluaskan oleh akun X (Twitter) @MithilaWaala tidak berkaitan dengan cuplikan video yang ditampilkan sehingga termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/10/27/175500682/-hoaks-hamas-rusak-gereja-dan-tendang-patung-yesus-di-gaza?page=all#page2