[SALAH] Hanya Gibran yang Memakai Microphone yang Dipegang saat Debat Cawapres
By: Date: 4 Januari 2024 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Klaim hanya Gibran yang memakai microphone yang dipegang saat debat Cawapres adalah tidak benar. Faktanya ketiga Cawapres sama-sama menggunakan 3 microphone diantaranya mikrofon skin tone countryman, clip-on bodypack dan mikrofon tangan WHM.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1703663827.695988/index.html

= = = = =
NARASI:
“KENAPA HANYA GIBRAN YANG PEGANG MICROPHINE?
SANGAT MUNGKIN KARENA MICROPHONE YANG MELEKAT DIALIHFUNGSIKAN MENJADI ALAT BANTU DENGAR
SILAHKAN TERIAK HOAX KALAU BISA MENJELASKAN KENAPA…!!!”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Facebook roger.silalahi_official memposting gambar yang menunjukan foto Cawapres dari nomor 1-3 saat debat Cawapres. Dalam postingan tersebut mengklaim bahwa hanya Gibran Cawapres nomor 2 yang diberi microphone yang dialih fungsikan menjadi alat bantu dengar.
Setelah ditelusuri dengan membandingkan alat yang digunakan Cawapres saat debat pada Jumat, 22 Desember 2023 ketiga Cawapres baik Cak Imin, Mahfud dan Gibran sama sama memakai 3 alat diantaranya microphone yang di pegang, mic di dada dan mic di pipi. Dalam video kanal Youtube KOMPASTV berjudul “Debat Cawapres Muhaimin, Gibran dan Mahfud MD di Pilpres 2024” pada menit 1 jam 8 menit 56 detik terlihat Cak Imin yang sedang menggunakan microphone yang dipegang.

Sama seperti yang diinformasikan Stasiun TV penyelenggara bawa ketiga Cawapres menggunakan 3 microphone dan tidak ada cawapres yang diberikan keistimewaan. Ketiga microphone tersebut bertujuan untuk mengantisipasi jika ada salah satu mikrofon yang tidak menyala. Ketiga microphone tersebut diantaranya pertama, mikrofon skin tone countryman yang menempel di pipi melalui cantolan telinga dan kabelnya melingkar di belakang leher peserta serta transmitter bodypack yang dipasang di celana atau pinggang bagian belakang atau saku celana peserta. Kedua, clip-on bodypack yang menempel di baju, juga dengan transmitter bodypack yang dipasang di celana atau pinggang bagian belakang atau saku celana peserta. Ketiga, mikrofon tangan WHM (wireless handheld microphone) diletakkan di tiap podium peserta.

Dengan demikian klaim hanya Gibran yang memakai microphone yang dipegang saat debat Cawapres adalah tidak benar. Ketiga Cawapres sama-sama menggunakan 3 microphone diantaranya mikrofon skin tone countryman, clip-on bodypack dan mikrofon tangan WHM, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=pNVtiDT8nVM
https://www.detik.com/bali/berita/d-7108929/penjelasan-stasiun-tv-soal-polemik-3-mikrofon-gibran-yang-disentil-roy-suryo
https://turnbackhoax.id/2023/12/23/salah-kenapa-si-no-2-ini-sampai-gunakan-3-tiga-mic-sekaligus-mengapa-2-calon-yg-lain-beda/