[SALAH] Helli mendarat darurat di toll merak
By: Date: 21 April 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Helikopter tersebut bukan mendarat darurat, melainkan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Basarnas Nasional tentang simulasi penyelamatan khusus di jalan tol Tangerang – Banten.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===============
Konten: Konteks yang salah

Beredar sebuah postingan video oleh akun TikTok Mamo Erfanto pada 20 April 2022. Dalam video tersebut menampilkan sebuah helikopter yang mendarat darurat di jalan tol dengan narasi sebagai berikut:

Narasi:
helli mendarat darurat di Toll merak

Sumber: TikTok https://archive.ph/060rB Arsip
===============

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, helikopter tersebut bukan mendarat darurat, melainkan bagian dari kegiatan simulasi yang dilakukan oleh Basarnas.

Melalui akun instagram resmi nya sar_nasional memposting sebuah poster live streaming di Youtube Basarnas Official tentang simulasi penyelamatan khusus di jalan tol Tangerang – Banten dan kecelakaan kapal penyebrangan Merak – Bakauheni, pada Rabu 20 April 2022.

Pada akun Youtube Basarnas Official, adegan helikopter mendarat tersebut berada pada menit ke 37:35. Dengan demikian helikopter yang diduga mendarat darurat di jalan tol adalah keliru, melainkan salah satu kegiatan simulasi yang dilakukan oleh Basarnas Nasional, sehingga masuk ke dalam kategori konteks yang salah.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=ZN4rwR1p9oU&t=37s
https://www.instagram.com/p/CcfounIP5I3/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

EDITOR: Adi Syafitrah