[SALAH]: “HOTMAN PARIS BERI SOMASI KEPADA  MEGAWATI”
By: Date: 7 Desember 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Konten yang menyesatkan, faktanya judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Hotman Paris beri somasi kepada Megawati.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1701774511.822602/index.html

=====

[NARASI]: Hotman Akan S0masi Ketum Pd1p ~ Megawati Dirvndng Masa1ah Besar…!!

=====

[PENEJELASAN]:
Sebuah unggahan video di media sosial Facebook dengan nama pengguna “Parameter Major” mengunggah video dengan narasi Hotman Paris beri somasi kepada Megawati.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Narator video hanya membacakan artikel di laman ayobandung.com dengan judul artikel “Direndahkan Megawati, Presiden Jokowi Dibela Hotman Paris dan Soroti Satu Hal Ini!”.
Artikel tersebut menjelasakan tentang Hotman Paris menyoroti ekspresi wajah Jokowi saat Megawati mengungkapkan kalimat yang dianggap merendahkan tersebut di hadapan ribuan orang.

Salah satu cuplikan pada awal video identik dengan video milik CNN Indonesia dengan judul video “Megawati: Pak Jokowi Kalau Gak Ada PDIP Kasihan Dah”, video tersebut Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sempat menyinggung terkait peran PDI Perjuangan dalam kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan penjekasan di atas klain tentang Hotman Paris beri somasi kepada Megawati adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.ayobandung.com/umum/7910641442/direndahkan-megawati-presiden-jokowi-dibela-hotman-paris-dan-soroti-satu-hal-ini
https://www.youtube.com/watch?v=ZNRFFw473I4