[SALAH] Imbas Perang Israel Resmi Inggris Cabut Kemerdekaan Malaysia
By: Date: 16 November 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Informasi tidak benar. Tidak ditemukan keterangan dari pemerintah Inggris yang menyatakan telah mencabut kemerdekaan Malaysia. Narasi dalam video tidak sesuai dengan cuplikan video yang ditampilkan.

[KATEGORI]
Konten Menyesatkan

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1698806023.865481/index.html

[NARASI]
“imbas perang Israel resmi Inggris cabut kemerdekaan Malaysia”

[PENJELASAN]
Beredar sebuh video di Tiktok yang mengklaim Inggris telah resmi mencabut kemerdekaan Malaysia. Alasan dicabutnya kemerdekaan Malaysia dalam video dijelaskan karena pebelaan terhadap Palestina. Faktanya klaim tersebut tidak benar.

Setelah melihat video secara utuh, tidak ditemukan pernyataan dari pemerintah Inggris yang mencabut kemerdekaan Malaysia. Tidak ditemukan pula berita yang valid terkait klaim tersebut. Selain itu, klip video yang dipakai dalam video tidak ada kaitannya dengan judul dan narasi yang dibacakan narator.

Dilansir dari Kompas.com, berdasarkan hasil pencarian di Google Lens mengarahkan video serupa yang diunggah di akun X atau Twitter Sunak pada 18 Oktober 2023. Rishi Sunak bicara soal perlunya investigasi terkait ledakan di rumah sakit al-Ahli Arab yang dilaporkan telah menewaskan ratusan warga sipil di Gaza. Klip lainnya diambil dari video konferensi pers Presiden Amerika Joe Biden yang meminta bantuan kemanusiaan Israel ke Gaza. Pidatonya dapat dilihat di kanal YouTube Washington Post, 18 Oktober 2023.

[REFERENSI]
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/10/31/201600582/-hoaks-inggris-cabut-kemerdekaan-malaysia?page=all
https://twitter.com/RishiSunak/status/1714622673827885300
https://www.youtube.com/watch?v=hUhpJ8QqSeY