[SALAH] Jokowi Akan Lakukan Perlawanan kepada Megawati
By: Date: 27 Oktober 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi akan melakukan perlawanan kepada Megawati Soekarnoputri merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, tidak ada bukti valid mengenai perlawanan Jokowi terhadap Megawati seperti yang tertulis pada video.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1698304222.535997/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “Kali ini Pak Jokowi Akan melawan Megawati Karna selama ini Diam Dan Tidak di Hargai…”

=======

[PENJELASAN]:

Akun TikTok @gituajarepot6 mengunggah video dengan klaim bahwa Presiden Joko Widodo akan melakukan perlawanan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Dalam video tersebut juga tertulis bahwa selama ini Jokowi hanya diam meski dirinya tidak dihargai oleh Megawati.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ada bukti valid mengenai perlawanan Jokowi terhadap Megawati seperti yang tertulis pada video.

Selain itu, potongan video yang diklaim sebagai bukti perlawanan Jokowi terhadap Megawati nyatanya diambil dari orasi Jokowi dalam momen deklarasi dukungan Capres-Cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin di Yogyakarta pada 23 Maret 2019. Dalam orasi tersebut, Jokowi menegaskan bahwa ia akan melawan serangan hoaks yang ditujukan untuknya demi kepentingan negara.

Sumber: YouTube NET Yogyakarta

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun TikTok @gituajarepot6 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://news.detik.com/berita/d-4480174/jokowi-sudah-4-5-tahun-difitnah-saya-akan-lawan