[SALAH] Jokowi Dampingi Ibu Ida Dayak untuk Memenuhi Undangan Joe Biden
By: Date: 11 April 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.
Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi mendampingi Ibu Ida Dayak untuk bertemu Presiden Joe Biden di AS merupakan konten dengan koneksi yang salah. Faktanya, judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi dalam video.

=======

[KATEGORI]: Koneksi yang salah

=======

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1681137196.550943/singlefile.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “Didampingi Jokowi Ibu Ida Dayak Penuhi Undangan Jo Biden di AS”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube Catatan Seleb (https://www.youtube.com/@catatanseleb7762) pada 31 Maret 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo mendampingi Ibu Ida Dayak untuk memenuhi undangan dari Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Dalam narasi disebutkan bahwa Ibu Ida Dayak merupakan sosok yang belakangan ini menjadi perhatian masyarakat karena ia mampu mengobati tulang yang sakit dalam waktu singkat.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi video. Hal itu disebabkan karena pada kenyataannya narator hanya menjelaskan mengenai pengobatan alternatif gratis yang dilakukan Ibu Ida Dayak. Sepanjang video pun, tidak ada informasi yang memberitakan mengenai undangan Joe Biden untuk Ibu Ida Dayak seperti yang tertulis pada judul unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh Catatan Seleb merupakan konten dengan koneksi yang salah.

=======

[REFERENSI]:
https://bandung.viva.co.id/news/18475-biodata-ibu-ida-dayak-yang-viral-karena-menyembuhkan-berbagai-penyakit-dengan-pengobatan-alternatif
https://www.liputan6.com/islami/read/5255903/viral-pengobatan-alternatif-ibu-ida-dayak-ini-kata-lk-pbnu