[SALAH] Jumlah Wisatawan Yogyakarta Jauh Lebih Banyak Dibandingan Wisatawan Solo
By: Date: 27 Desember 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Faktanya, jumlah wisatawan yang datang ke Kota Solo justru lebih banyak dibandingkan Kota Yogyakarta pada libur Idul Fitri.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.ph/wnk6m (Twitter)

=====

[NARASI]:

“Gibran sedang membohongi publik bahwa wisatawan Solo lebih banyak dari wisatawan Yogya. Padahal berdasarkan data, wisatawan Yogya jauh lebih banyak dibandingkan wisatawan Solo.

Wisatawan ke Jogja lebih tinggi dibanding ke Solo
Jogja 1.655.814 wisatawan.
Solo cuma 396.280

Makanya, jangan sesumbar. Ngomong pakai data, bukan asal bicara”

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter/X @Yulia_NS79 mengunggah cuitan dengan klaim Cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka membohongi publik dengan mengatakan bahwa wisatawan yang mengunjungi Solo lebih banyak dibandingkan wisatawan Yogyakarta. Ia mengatakan bahwa wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta jauh lebih tinggi dibandingkan dengan wisatawan Solo.

Dalam cuitannya, akun tersebut juga mengunggah video cuplikan acara Debat Cawapres yang dilaksanakan pada 22 Desember 2023 yang lalu. Dalam video itu, Gibran mengatakan bahwa jumlah wisatawan yang mengunjungi Solo lebih banyak dibandingkan dengan wisatawan yang datang ke Yogyakarta pada momen liburan Idul Fitri.

Dari data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Solo, sampai tanggal 27 April lalu, Solo telah dikunjungi 274.190 pelancong. Jumlah tersebut melebihi jumlah wisatawan yang menghabiskan waktu Lebaran di Yogyakarta.

Kala itu, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, mengatakan selama libur Lebaran 2023, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta sebanyak 240.674 orang.

“Terjadi peningkatan pergerakan wisatawan di tiga Kota/Kabupaten. Kota Yogyakarta sebanyak 240.674 wisatawan, Kabupaten Kulon Progo sebanyak 144.809 wisatawan, dan Kabupaten Bantul sebesar 264.699 wisatawan,” kata Singgih dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (7/5/2023).

Sehingga klaim yang beredar di media sosial Twitter melalui akun @Yulia_NS79 merupakan informasi yang menyesatkan. Faktanya, jumlah wisatawan yang datang ke Kota Solo memang lebih banyak dibandingkan Kota Yogyakarta pada libur Idul Fitri.

=====

[REFERENSI]: