[SALAH] KADER DEMOKRAT DI BALI PINDAH HALUAN DUKUNG GANJAR DI PILPRES 2024
By: Date: 23 Juni 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul, thumbnail dan isi video tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi terkait kader Demokrat di Bali yang pindah haluan mendukung Ganjar pada pilpres 2024.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1687244005.041609/singlefile.html (Facebook)

=======

[NARASI]:
Kader Demokrat Di Bali Pindah Haluan !! Siap Kawal Ganjar Di 2024

BERITA TERBARU
BALI MENGGILA DUKUNG GANJAR
RELAWAT DEMOKRAT BALI DUKUNG GANJAR

=======

[PENJELASAN]:
Beredar video dari halaman facebook bernama Daily News dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa kader Demokrat di Bali pindah haluan dan siap dukung Ganjar di pilpres 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut hanya berisi potongan dari beberapa video berbeda yang digabung menjadi satu. Dalam video tersebut tidak ditemukan pemberitaan terkait dukungan kader Demokrat di Bali kepada Ganjar untuk Pilpres 2024 mendatang.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari detik.com berjudul “Blak-blakan Koster Minta Bupati Demokrat Membelot Menangkan Ganjar di Bali” yang diunggah pada 17 Juni 2023 serta artikel dari okezone.com berjudul AHY-Puan Adakan Pertemuan pada Pekan depan” yang diunggah pada 17 Juni 2023.

Thumbnail yang menampilkan Agus Harimurti Yudhodono Serta Ganjar Pranowo yang sedang berpidato di hadapan kader Partai Demokrat tersebut identik dengan foto unggahan artikel tribunnews.com berjudul “Didampingi AHY, Anies Baswedan Mengaku Tak Menyangka Disambut Meriah Massa Demokrat” yang diunggah pada 2 Maret 2023.

Dalam foto tersebut terdapat keterangan Anies Baswedan saat tiba dan berpidato di hadapan kader dan simpatisan Partai Demokrat di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis 2 Maret 2023. Anies mengaku tak menyangka disambut meriah oleh massa Demokrat. Ia disambut langsung oleh AHY.

Dalam foto aslinya tidak menampilkan sosok Ganjar Pranowo melainkan Anies Baswedan. Sehingga dapat dipastikan gambar pada thumbnail tersebut adalah hasil editan.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa kader Demokrat di Bali pindah haluan dan siap dukung Ganjar di pilpres 2024 tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-kader-demokrat-di-bali-pindah-haluan-dukung-ganjar-di-pilpres-2024.html

https://www.detik.com/bali/berita/d-6777476/blak-blakan-koster-minta-bupati-demokrat-membelot-menangkan-ganjar-di-bali

https://nasional.okezone.com/read/2023/06/17/337/2832386/ahy-puan-adakan-pertemuan-pada-pekan-depan

https://banjarmasin.tribunnews.com/2023/03/02/didampingi-ahy-anies-baswedan-mengaku-tak-menyangka-disambut-meriah-massa-demokrat