[SALAH] Kapal Api Bangkrut
By: Date: 29 April 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani.

Video tersebut bukan demo karyawan PT Santos Jaya Abadi produsen kopi Kapal Api, melainkan PT Agel Langgeng. GM Marketing PT Santos Jaya Abadi Pupuk Sugiharto mengatakan, isu soal PHK dan THR yang tidak dibayarkan oleh perusahaannya tidaklah benar.

==========
[KATEGORI]

Konten Menyesatkan

===========
[SUMBER]

TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1682262981.069592/singlefile.html

==========
[NARASI]

“apa iya perusahan kopi kapal api bangkrut?”

============
[PENJELASAN]

Beredar sebuah video amatir di Tiktok yang menampilkan kondisi demo karyawan yang diklaim sebagai karyawan PT. Santos Jaya Abadi atau produsen kopi Kapal Api. Narator dalam video, menerangkan bahwa demo dipicu akibat THR tidak dibayarkan serta terjadinya PHK pada perusahaan tersebut.

Faktanya, demo itu bukan berasal dari karyawan PT Santos Jaya Abadi melainkan PT Agel Langgeng. GM Marketing PT Santos Jaya Abadi Pupuk Sugiharto mengatakan, isu soal PHK dan THR yang tidak dibayarkan oleh perusahaannya tidaklah benar.

Sebagai Informasi, PT Angel Langgeng merupakan anak perusahaan dari PT Santos Jaya Abadi. Pupuk menegaskan, PT Santos Jaya Abadi yang merupakan produsen kopi bubuk dan makanan minuman berbasis kopi itu tidak ada sangkut pautnya dengan masalah hukum yang terjadi di PT Agel Langgeng.

“Tidak ada sangkut pautnya antara Kapal Api dengan PT Agel Langgeng, karena hal ini manajemen yang berbeda, seperti yang disampaikan oleh Bapak Edi dan Bapak Atmari,” kata Pupuk, dikutip dari Kompas TV, Jumat (14/4/2023).

============
[REFERENSI]

https://amp.kompas.com/money/read/2023/04/14/053854626/kapal-api-buka-suara-soal-isu-bangkrut-dan-demo-gara-gara-thr

https://depok.suara.com/amp/read/2023/04/14/202137/cek-fakta-kopi-sachet-sejuta-umat-kapal-api-bangkrut