[SALAH] Kesuksesan Food Estate Prabowo di Jawa Tengah
By: Date: 31 Januari 2024 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Video hamparan kebun buah naga itu bukan di Jawa Tengah, melainkan di Provinsi Guangxi China.

[KATEGORI]
Koneksi yang menyesatkan

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1706514891.424288/index.html

[NARASI]
” Kesuksesan Food Estate Prabowo di Jawa Tengah
Ganjar dan Anies bisa apa selain omon-omon?
Food Estate yang digarap Prabowo sukses besar!”

[PENJELASAN]
Sebuah video TikTok diunggah oleh akun @intelpolitik yang mengklaim kesuksesan food estate di Jawa Tengah. Video itu memperlihatkan hamparan kebun Buah Naga yang begitu luas. Video yang telah dilihat 4 juta pengguna TikTok itu, menyebut jika lahan buah naga yang sukses itu tersebut berada di Jawa Tengah.

Setelah dilakukan penelusuran YouTube, dengan kata kunci “kebun buah naga luas” ditemukan video yang identik. Video itu diunggah oleh kanal YouTube Munandar TV dengan judul “Cara petani China yang menghasilkan 1,6 juta ton buah Naga setiap tahun” yang diunggah pada 7 Mei 2023. Pada video Munandar Tv dijelaskan bahwa kebun Buah Naga di dalam video berada di Provinsi Guangxi China.

Dilansir dari Setkab.go.id, pembangunan dan pengembangan food estate adalah salah satu upaya pemerintah menjawab kekhawatiran para pakar dan praktisi. Yang mengungkapkan permasalahan dan tantangan di sektor pertanian dan ketahanan pangan Indonesia adalah gangguan suplai bahan pangan, penurunan permintaan produk permintaan, ancaman krisis pangan, serta pembatasan lapangan produksi.

Proyek food estate digarap di sejumlah provinsi, yaitu Sumatra Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, NTT, Papua, dan Papua Selatan.

[REFERENSI]
https://youtu.be/H8cCgJe6vNI?si=Qz1PUJm6b4X62SRs
https://www.cnbcindonesia.com/news/20240124125358-4-508585/heboh-food-estate-jokowi-dicap-gagal-ini-daftar-12-lokasinya
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7156215/kementan-ungkap-data-food-estate-yang-berhasil-panen-ini-lokasinya
https://setkab.go.id/presiden-jokowi-food-estate-program-kolaborasi-untuk-antisipasi-krisis-pangan/