[SALAH] “KETUA IDI RESMI DIPECAT”
By: Date: 20 April 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR

Informasi Palsu. Dalam video yang berdurasi 8 menit 7 detik tersebut membahas mengenai keputusan IDI untuk memecat dokter Terawan dari keanggotaan IDI. Namun, dianggap keputusan tersebut tidak bisa diterima, karena pemecatan dokter Terawan dianggap sebagai konflik personal antara Ketua IDI dan dokter Terawan.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konteks yang Menyesatkan

=====

SUMBER: YouTube

https://archive.vn/iSRbr

=====

NARASI:
KETUA IDI RESMI DIPECAT

Berita Terkini ~ ISTANA Ambil Sikap Tegas ~ Ketua IDI Resmi Di Copot

=====

PENJELASAN:
Beredar postingan video di YouTube oleh akun bernama POJOK DUNIA. Video tersebut diberi thumbnail yang menyatakan bahwa Ketua IDI telah resmi dicopot.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, video yang berdurasi 8 menit 7 detik tersebut membahas mengenai dokter Terawan yang dikabarkan dikeluarkan dari keanggotaan IDI. Namun, keputusan tersebut dinilai tidak tepat, karena karena pemecatan dokter Terawan dianggap sebagai konflik personal antara Ketua IDI dan dokter Terawan.

Narasi dalam video dapat ditemukan sama persis dalam artikel dari website bernama seword.com, dengan judul artikel “Inisiatif Buka Pintu Damai dengan Terawan? Bukti Kuat Bahwa IDI yang BERMASALAH!.” Artikel tersebut adalah artikel opini yang mengkritik mengenai keputusan IDI untuk memecat Terawan dari keanggotaannya, namun IDI juga membuka ruang rekonsiliasi dengan Terawan.

Keseluruhan artikel tidak diberitakan bahwa Istana memecat Ketua IDI. Sampai artikel ini dibuat tidak ada berita resmi bahwa Ketua IDI dipecat. Dr. Adib Khumaidi, SpOT masih menjabat sebagai Ketua IDI periode 2022-2025.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim POJOK DUNIA adalah tidak benar dan termasuk kategori Konteks yang Menyesatkan.

=====

REFERENSI:
https://www.google.com/amp/s/seword.com/umum/inisiatif-buka-pintu-damai-dengan-terawan-bukti-4lq5aFoRus

Dr. Adib Khumaidi, SpOT Dikukuhkan Menjadi  Ketua Umum PB IDI Periode 2022 – 2025

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian