[SALAH] Kode Barcode Berawalan Angka 729 Merupakan Produk Israel
By: Date: 8 November 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Informasi menyesatkan. GS1 memberikan pengenal unik pada perusahaan yang terdaftar, berupa prefix tiga angka disertai negara asalnya. Namun, prefix GS1 tidak dipakai sebagai penanda asal negara pada produk-produk yang beredar.

======

[KATEGORI]: KONTEKS YANG SALAH

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/hb5gC)

======

[NARASI]:

“Yuk kita wajib boikot produk2 israel dan sekutunya,jika kita membeli produk2 mereka sama saja kita mendzolimi saudara2 kita di palestina.
Ingat sebelum anda membeli produk apapun di cek dulu kode barcode seperti dibawah ini.
Dibawah ini kode barcode negara pembuat.
Kode 729=Israel
Kode 00-13=Amerika”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook mengunggah postingan berupa gambar sebuah barcode produk dengan 3 angka awalan bernomor 729. Angka tersebut diklaim merupakan kode bahwa produk tersebut merupakan buatan Israel.

Berdasarkan hasil penelusuran, nomor unik di bawah kode batang pada produk yang dijual di pasaran merupakan kode yang diatur oleh GS1. GS1 merupakan perjanjian industri dagang global yang menghasilkan pembuatan kode batang, untuk memudahkan pemindaian dan pemberdayaan rantai pasokan.

Terdapat 13 digit unik yang digunakan hampir di semua negara, yakni European Article Number (EAN) atau Universal Product Code (UPC).

Perusahaan yang terdaftar ke GS1 akan diberi pengenal unik yang dimulai dengan prefix tersebut. Adapun mitra GS1 di Israel memiliki kode 729. Namun, secara resmi GS1 mengklaim, perusahaan dengan barcode dari organisasinya dapat memproduksi produk dari negara mana saja di seluruh dunia. Prefiks yang diterbitkan GS1 tidak mengidentifikasi negara asal produk tersebut.

Oleh karena itu, tiga digit angka yang tertera dalam barcode produk tidak menunjukkan di mana produk tersebut diproduksi. Kode tersebut hanya menunjukkan lokasi perusahaan, namun produk dapat dibuat dari negara lain.

“Awalan GS1 tidak menunjukkan bahwa produk tersebut diproduksi di negara tertentu atau oleh produsen tertentu,” tulis GS1 melalui situs resminya.

GS1 memperbolehkan perusahaan untuk mengubah digit kode batang karena produksinya dapat dilakukan di negara mana saja. Sehingga, pembuatan kode tidak selalu mengacu pada negara asal produk.

Dikutip dari Barcoding, lokasi kantor dan fasilitas produksi suatu perusahaan sering kali berada di negara yang berbeda. Lantas, banyak produk tidak lagi menunjukkan informasi di mana mereka dibuat. Misalnya hanya memberikan informasi lokasi distributor berada.

======

REFERENSI:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/11/02/193100682/-hoaks-produk-dengan-barcode-berawalan-729-berasal-dari-israel?page=all#page2

https://barcodesindonesia.com/informasi/pengenalan-barcode/

https://xchange.gs1.org/sites/faq/Pages/does-the-gs1prefix-first-2-or-3-digits-of-the-ean-13-barcode-number-show-the-country-of-origin.aspx

https://www.barcoding.com/blog/barcode-prefixes-and-product-country-of-origin