[SALAH]: “KPU Akui Persiapkan Alat Khusus untuk Gibran saat Debat”
By: Date: 31 Desember 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya, Ketua KPU Hasyim Asy’ari juastru mengatakan, seluruh capres dan cawapres mendapatkan alat yang sama ketika mengikuti debat capres dan cawapres yang digelar KPU.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1703860529.024448/index.html

=====

[NARASI]: K-pu Sengaja K0rb4nkan Gibran – Akui Persiapkan Deb4t & A1at Khusus Untuk 4nak J-kw

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah unggahan video di media sosial Facebook dengan nama pengguna “Parameter Major” mengunggah video dengan narasi KPU akui persiapkan alat khusus untuk Gibran saat debat.

Setelah dilakukan penelusuran, narator video hanya membacakan artikel di laman Seword.com dengan judul artikel “Putusan MK dan Damage yang Membuat Gibran dan Prabowo Cenderung Tak Dipercaya Publik”.

Artikel tersebut memuat opini yang menyebut masyarakat tidak lagi mempercayai Prabowo dan Gibran setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batas usia capres-cawapres.

Salah satu klip pada video tersebut identik dengan video di kanal youtube milik Liputan6 dengan judul video “Hasto Singgung Gibran Tiru Jokowi Beri Pertanyaan Jebakan ke Kandidat Saat Debat”.

Dengan demikian, klaim tentang  KPU akui persiapkan alat khusus untuk Gibran saat debat adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://seword.com/politik/putusan-mk-dan-damage-yang-membuat-gibran-dan-0xlwH6f13g#google_vignette
https://www.youtube.com/watch?v=igwk2WftqLI