[SALAH] Kutipan Ucapan Stalin tentang Pemilu
By: Date: 5 Juni 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Tidak ada bukti kredibel bahwa kutipan tersebut merupakan ucapan Joseph Stalin. Kutipan tersebut tidak ditemukan di database arsip digital Stalin yang dikelola oleh Lembaga Arsip Rusia dan Universitas Yale.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: TikTok
http://web.archive.org/web/20220604103311/https://www.tiktok.com/@faktaduniakini_/video/7085846748790361370

= = = = =

NARASI:

“Joseph Stalin pernah mengatakan “Orang orang yang memberikan vote (suara) tidak menentukan hasil dari pemilu. Namun orang-orang yg menghitung vote itulah yang menentukan hasil dari pemilu”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun TikTok dengan nama pengguna “faktaduniakini_” mengunggah sebuah foto mantan pemimpin Rusia, Joseph Stalin. Foto tersebut juga disertai dengan sebuah narasi terkait pemilu yang dinyatakan sebagai kutipan dari ucapan Stalin.

Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ada bukti kredibel bahwa kutipan tersebut merupakan ucapan Joseph Stalin. Pencarian yang dilakukan di “Stalin Digital Archive” yang merupakan database arsip digital Stalin yang dikelola oleh Lembaga Arsip Rusia dan Universitas Yale juga tidak membuahkan hasil. Lebih lanjut, melansir dari Politifact, kutipan tersebut telah beredar dalam beberapa versi, dan tidak ada bukti kredibel terkait seluruh versi kutipan yang telah beredar.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun TikTok dengan nama pengguna “faktaduniakini_” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.stalindigitalarchive.com/frontend/node/2# (https://archive.ph/uAXCb)

https://www.politifact.com/factchecks/2019/mar/27/viral-image/no-joseph-stalin-didnt-say-statement-about-electio/

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian