[SALAH] Lirik Lagu Indonesia Raya Diubah
By: Date: 18 Juli 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya lirik Indonesia Raya memang memiliki 3 stanza, dan yang dinyanyikan dalam video tersebut adalah lirik resmi stanza ketiga Indonesia Raya, bukan lirik baru yang dikarang orang lain.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://archive.cob.web.id/archive/1689409185.531722/singlefile.html 

===========

[NARASI]: “lirik indonesiaraya di ganti lirik lagu nya kok diem”bae ya apakah boleh ya”

===========

[PENJELASAN]: 

Mencuat kabar yang dibagikan di sosial media Tiktok yang dalam videonya tersebut memperlihatkan sekelompok orang yang sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan lirik yang berbeda dari yang biasa kita dengar. Pada unggahan video tersebut juga menambahkan narasi jika lagu Indonesia Raya tersebut telah diganti liriknya.

Setelah dicari tahu dan diamati lebih dalam, rupanya di video itu lirik yang dinyanyikan adalah lirik Indonesia Raya stanza ketiga. Pada faktanya, lagu Indonesia Raya sendiri memiliki 3 stanza lirik yang diciptakan sendiri oleh Wage Rudolf Supratman.

Meskipun memiliki 3 stanza lirik, lagu Indonesia Raya yang sering kita nyanyikan sekarang biasanya hanya dinyanyikan lirik stanza pertamanya saja, sehingga kita jadi kurang familiar ketika mendengar Indonesia Raya menggunakan lirik stanza 2 dan stanza 3.

Dapat disimpulkan bahwa video dengan klaim lirik Indonesia Raya diganti tersebut adalah informasi yang tidak benar karena dalam video tersebut hanya memperlihatkan Indonesia Raya yang sedang dinyanyikan dengan stanza ketiga.

===========

 [REFERENSI] :

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2352/keliru-video-lagu-indonesia-raya-diganti-liriknya?