[SALAH] Lowongan Kerja PT Kereta Api Indonesia
By: Date: 4 November 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini.

Bukan lowongan kerja resmi yang dibuka oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Pihak KAI menegaskan bahwa KAI tidak pernah membuka lowongan kerja yang mengharuskan pelamar untuk mengirimkan berkas melalui email. Segala informasi dan prosedur terkait lowongan kerja hanya dapat diakses melalui situs resmi recruitment.kai.id, serta akun media sosial resmi KAI.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu/Fabricated Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/Xv0UQ

= = = = =

NARASI:

“Assalamualaikum..
Info loker siapa tau ada anak atau saudara yg lagi cari kerja.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan perkeretaapian dan bisnis usaha penunjang lainnya dengan mengutamakan Nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) memberikan kesempatan kepada putra dan putri terbaik Bangsa Indonesia untuk bergabung dan berkarir di PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam rangka pemenuhan kebutuhan pekerja di lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero), dengan Posis sbb :
1.Masinis
2.Kondektur
3.Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA)
4.Petugas Langsir (PLR)/Petugas Rumah Sinyal (PRS)
5.Petugas Negative Check Listrik Aliran Atas (PNC LAA)
6.Petugas Negative Check Sintelis (PNC SINTELIS)
7.Operator KPJR
8.Teknisi Workshop Depo Mekanik JJ
9.Satker Teknisi Jalan Rel dan Jembatan
10.Administrasi
11.Staff Pelayanan
12.Pramugari/Pramugara Kereta
13.Teknisi Pemeliharaan Sarana
[…]

(Lanjutan Narasi setelah bagian Referensi)

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook dengan nama pengguna ‘Laila’ (https://www.facebook.com/profile.php?id=100065245464955) mengunggah sebuah lowongan kerja dari PT Kereta Api Indonesia. Terdapat beberapa posisi yang tersedia, antara lain masinis, administrasi, pengatur perjalanan kereta api, hingga teknisi pemeliharaan sarana. Dalam unggahan tersebut, pelamar yang memenuhi syarat diminta untuk mengirimkan lamaran melalui email recruitment@dr[dot]com. Lowongan tersebut dibuka hingga 30 November 2021.

Berdasarkan hasil penelusuran, lowongan kerja tersebut bukan merupakan lowongan kerja resmi yang dibuka oleh PT KAI. Melansir dari Kompas, Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus menegaskan bahwa KAI tidak pernah membuka lowongan kerja yang mengharuskan pelamar untuk mengirimkan berkas melalui email. Segala informasi dan prosedur terkait lowongan kerja hanya dapat diakses melalui situs resmi recruitment.kai.id, akun Twitter resmi (https://twitter.com/keretaapikita), serta akun Instagram resmi (https://www.instagram.com/kai121_/).

Lebih lanjut, Joni mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyebarkan pesan terkait pengumuman rekrutmen KAI yang tidak berasal dari situs resmi atau media sosial resmi KAI. Joni juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan tidak mudah percaya dengan lowongan kerja yang mengatasnamakan KAI.

Dengan demikian, lowongan kerja yang mengatasnamakan PT KAI yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna ‘Laila’ tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu/Fabricated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://twitter.com/keretaapikita/status/1455048029195489281

https://www.kompas.com/properti/read/2021/11/02/170000021/waspada-ini-ciri-ciri-penipuan-berkedok-rekrutmen-mengatasnamakan-pt

= = = = =

(Lanjutan Narasi)

[…]
=> Kriteria Pelamar
1.Warga Negara Indonesia (WNI)
2.Jenis Kelamin Pria/Wanita
3.Sehat jasmani/rohani
4.Memiliki ijazah SLTA (SMK/MA/SMK/MAK) dengan Nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) rata-rata minimal 7,0 (tujuh koma nol)
Ijazah D3,S1 (ipk 2.5)
=> Kelengkapan Dokumen
1.Surat Lamaran & CV
2.Fotokopy KTP & pass foto 3×4 (warna)
3.Ijazah Terakhir
Silahkan kirimkan lamaran ke E-Mail [email protected]
(SUBJECT : NAMA LENGKAP/NO.HP AKTIF/E-MAIL)
Batas lamaran sampai 30 November 2021
Mohon bantu share
Indahnya Berbagi”

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Dedy Helsyanto