[SALAH] Luhut Binsar Deklarasikan Dukung Anies Baswedan
By: Date: 31 Januari 2024 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Cuplikan dan narasi dalam video tidak memiliki kaitan dengan klaim yang tercantum dalam video. Narator hanya membacakan ulang artikel yang membahas tentang awal pertemuan Tom Lembong dengan Gibran Rakabuming Raka.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1706527306.445645/index.html

=====

[NARASI]: “Luhut langsung kicep :bangbang: koar-koar bela gibran, Cak Imin bungkam Opung hingga begini”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube REDAKSI TV mengunggah video dengan klaim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberikan deklarasi dukungan kepada Calon Presiden Anies Baswedan.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi valid yang menjelaskan tentang klaim tersebut. Cuplikan pada video tidak memiliki kaitan dengan klaim.

Selain itu, narasi yang dibacakan dalam video justru identik dengan artikel yang diunggah Tribun Surabaya dengan judul “Tom Lembong Blak-blakan Bongkar Hubungannya dengan Gibran, Pernah Disopiri Lihat Peluang Bisnis.”

Dalam artikel tersebut membahas tentang Tom Lembong yang mengenal Gibran Rakabuming Raka 10 tahun silam, sejak dia menjadi penasehat ekonomi Presiden Jokowi atau ayah Gibran. Saat itu, dia cukup sering berkunjung ke Solo, tempat kediaman Jokowi dan bertemu Gibran. Tom lalu membeber kebersamaannya dengan Gibran selama di Solo, seperti berkeliling melihat peluang bisnis di Solo.

Dikutip dari Tirto, Menteri Luhut tak menyebut secara spesifik siapa pemimpin muda yang dimaksud. Namun, ia bakal memberi dukungan kepada siapapun pemimpin muda yang maju di Pilpres 2024.

=====

[REFERENSI]:

– https://surabaya.tribunnews.com/2024/01/26/tom-lembong-blak-blakan-bongkar-hubungannya-dengan-gibran-pernah-disopiri-lihat-peluang-bisnis?page=all
– https://tirto.id/luhut-dukung-siapa-di-pilpres-apakah-menteri-boleh-kampanye-gUV4