[SALAH] Ma’ruf Amin: “Kalau Jokowi Terpilih Lagi 3 Periode Ibu-Ibu Cukup Bayar Pakai Kartu”
By: Date: 20 April 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Bukan bicara mengenai konteks 3 periode. Pernyataan tersebut pernah disampaikan Ma’ruf Amin pada kontestasi di pemilu 2019, dan tidak ada pernyataan “3 periode”.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Facebook
https://archive.ph/YeCbk

=====

Narasi:
“Sudah Ruf
Mendingan lho diam aja (tidur)
Nikmati aja gaji buta lho
Soalnya nya sekali lho Nonggol bikin sakit hati”.

“Ma’ruf Amin: kalau Jokowi terpilih lagi 3 periode ibu-ibu cukup bayar pakai kartu”.

=====

Penjelasan:
Akun Facebook Boneka Cuan menyebarluaskan tangkapan layar sebuah artikel yang menunjukkan bahwa Ma’ruf Amin mengkampanyekan Jokowi untuk terpilih di periode ketiga, dengan imbuhan bahwa ibu-ibu akan cukup membayar apapun dengan kartu.

Berdasarkan hasil penelurusan, tangkapan layar artikel tersebut merupakan hasil edit. Wakil Presiden Ma’ruf Amin memang pernah membahas mengenai kemudahan membayar dengan kartu, namun pada kontestasi di pemilu 2019, dan tidak ada pernyataan “3 periode”.

Portal berita Wartakota Tribun News mengunggah artikel yang membahas isu tersebut, dengan judul “Ma’ruf Amin: Ibu-ibu Tinggal Keluarkan Kartu Jika Jokowi Jadi Presiden Lagi, Enggak Pakai Duit”. Berita tersebut ditulis pada 28 Februari 2019.

Artikel serupa juga pernah ditulis oleh liputan6.com, dan diunggah pada bulan dan tahun yang sama. Pada kedua berita tersebut juga tidak membahas perihal Jokowi 3 periode.

Dengan demikian, tangkapan layar yang diunggah oleh Boneka Cuan merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://wartakota.tribunnews.com/2019/02/28/maruf-amin-ibu-ibu-tinggal-keluarkan-kartu-jika-jokowi-jadi-presiden-lagi-enggak-pakai-duit

https://www.liputan6.com/pilpres/read/3906069/maruf-amin-kalau-jokowi-terpilih-ibu-ibu-bayar-tinggal-pakai-kartu