[SALAH] Nagita Slavina Menyatakan Dukungan Untuk Anies Baswedan Sebagai Calon Presiden 2024
By: Date: 29 Januari 2024 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim Nagita Slavina menyatakan dukungannya untuk memilih Anies Baswedan sebagai calon presiden tahun 2024 adalah hal yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1706029982.330221/index.html (Youtube)

====

[NARASI]:
Efek besar Megawati !! Emak-emak bersama Nagita Slavina nyatakan dukungan pilih Anies 2024

====

[PENJELASAN]:

Pada 21 Januari 2024 sebuah channel youtube dengan nama REDAKSI TV (https://www.youtube.com/@redaksi378) mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Nagita Salvina menyatakan dukungannya secara resmi kepada Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Setelah dianalisa isi video tersebut tidak menyampaikan narasi sesuai dengan klaim yang dituliskan pada judul. Pengunggah justru menggunakan potongan video milik akun youtube Tarsum Gapura Bagja yang berisikan liputan deklarasi Garda Matahari Jawa Barat dan acara Bimtek TOT Saksi PILPRES Nasional yang diunggah pada 9 Januari 2024. Video tersebut berisikan Relawan Garda Matahari yang mendeklarasikan dukungannya terhadap calon presiden dan wakil presiden AMIN di mana dukungan tersebut dianggap sebagai ikhtiar politik bagi Garda Matahari dalam menegakkan keadilan dan demokrasi. Video tersebut pun tidak memiliki sangkut paut dengan publik figur Nagita Slavina. Selain itu, apabila ditelusuri lebih lanjut Nagita Slavina beserta suaminya Raffi Ahmad merupakan bagian dari tim sukses pasangan calon presiden dan wakil presiden 02, yakni Prabowo-Gibran terbukti dari hadirnya Raffi Nagita dalam debat capres dan cawapres pada barisan pendukung paslon nomor 2.

Oleh sebab itu, video dengan klaim Nagita Slavina menyatakan dukungannya untuk memilih Anies Baswedan sebagai calon presiden tahun 2024 adalah konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
[1] https://www.youtube.com/watch?v=8HLFXXa1HQE
[2] https://youtu.be/FgyUGbhcAe0