[SALAH] Pabrik Beras Plastik
By: Date: 11 Oktober 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Video yang beredar tersebut bukan merupakan proses pembuatan beras plastik, tetapi merupakan proses pengemasan kopolimer plastik ethylene vinyl acetate.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

==========

[SUMBER]: Tiktok https://archive.cob.web.id/archive/1696923721.144964/index.html 

===========

[NARASI]: “Proses Pembuatan Beras Plastic Di RRC

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar di Tiktok sebuah video yang diunggah akun “asiamediatelevisi” yang mengklaim adanya proses pembuatan beras plastik yang ada di suatu pabrik di Cina. Video tersebut sudah dibagikan sebanyak lebih dari 80 ribu kali dan mendapatkan likes lebih dari 40 ribu.

Setelah diamati, terlihat pada isi video tersebut sebuah karung berwarna putih dan oren bertuliskan kata “EVA”. Melalui pencarian gambar di Google, karung serupa juga di jual di situs jual beli online Alibaba.com dengan deskripsi produk “High quality cushion pads raw material virgin ethylene vinyl acetate copolymer EVA E180F granules”

Plastik ethylene vinyl acetate (EVA) merupakan salah satu plastik foam paling umum digunakan dan memiliki pengaplikasian yang beragam di berbagai industri karena berbagai kelebihannya. Pada video yang beredar tersebut menampilkan proses pengemasan EVA yang masih berbentuk kopolimer sehingga secara sekilas butiran-butiran putih tersebut mirip dengan beras.

Dapat diambil kesimpulan bahwa video yang beredar tersebut bukan merupakan proses pembuatan beras plastik, tetapi merupakan proses pengemasan kopolimer plastik ethylene vinyl acetate.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.alibaba.com/product-detail/High-quality-cushion-pads-raw-material_1600916629179.html

https://tokoplas.com/blog/plastic/plastik-ethylene-vinyl-acetate