[SALAH] Padahal Beroperasi di Indonesia, Daftar Kerja di KCIC Harus Bisa Berbahasa Mandarin
By: Date: 30 September 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Pemeriksa Fakta Junior)

Faktanya, kewajiban untuk bisa berbahasa Mandarin hanya ditujukan untuk posisi sebagai Mandarin Interpreter.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[SUMBER]: FACEBOOK

archive.fo/BLJXa

=====
[NARASI]:

“Walaupun beroperasi di Indonesia, kalau ingin mendaftar harus pakai Bahasa Mandarin, untuk katak pembina dan kaum beludru agar anda menguasai Bahasa Mandarin ini solusinya…”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook, mengenai sebuah perusahaan Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC). Di dalam unggahan milik akun Facebook bernama Ira Kampay, terdapat hasil tangkapan layar dari sebuah media, mengenai lowongan kerja sebagai Mandarin Interpreter. Hasil tangkapan layar ini kemudian ditambahkan sebuah narasi yang menyebutkan, walaupun beroperasi di Indonesia, apabila ingin mendaftar untuk bekerja di KCIC diwajibkan harus menggunakan Bahasa Mandarin.  

Namun setelah memeriksa kebenaran dari informasi ini, tidak ditemukan fakta yang membenarkan klaim tersebut. Melansir dari laman resmi Karir KCIC, hampir seluruh lowongan kerja yang dibuka untuk masyarakat Indonesia, tidak mewajibkan untuk menguasai Bahasa Mandarin sebagai sebuah persyaratan.

Seperti yang terlampir pada unggahan, ketentuan harus dapat menguasai Bahasa Mandarin ini ditujukan pada lowongan pekerjaan sebagai Mandarin Interpreter di KCIC. Hal ini tentu sebuah hal yang lumrah, apabila sebagai seorang penerjemah Bahasa Mandarin harus dapat menguasai Bahasa Mandarin dan Bahasa Indonesia dengan baik.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyebutkan bahwa untuk bekerja di KCIC yang beroperasi di Indonesia harus menggunakan Bahasa Mandarin, merupakan klaim yang keliru dan merupakan konten parodi.

=====
[REFERENSI]:

https://money.kompas.com/read/2023/03/20/172519726/kcic-buka-lowongan-kerja-penerjemah-bahasa-mandarin-simak-kualifikasinya

=====
https://www.facebook.com/groups/indonesiabersuara2021/permalink/3830301980530907/