[SALAH] Pare Dapat Menghancurkan Sel Kanker dan Mengobati Kanker
By: Date: 24 Oktober 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya para ahli onkologi bahwa tidak ada bukti kuat bahwa pare dapat mengobati kanker meskipun penelitian telah menemukan bahwa sayuran ini mungkin memiliki sifat anti kanker. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.ph/64Q1z

= = =

Narasi:

“Pare dalam air panas akan membantu Anda. Sesibuk apapun Anda, sebaiknya baca ini lalu sebarkan ke teman dan orang lain.

Pare dapat menghancurkan sel kanker.

Potong 2-3 irisan tipis pare lalu masukkan ke dalam gelas, seduh dengan air panas, airnya bersifat basa. Minumlah setidaknya sekali setiap hari. Bagi siapa pun, ini akan bermanfaat.

Air panas pare dapat mengeluarkan zat anti kanker. Ini merupakan perkembangan baru dalam naturopati yang berguna dalam pengobatan kanker.”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan di Facebook berbahasa Sri Lanka membagikan informasi bahwa pare dapat berguna dalam pengobatan kanker, dengan 2-3 irisan tipis pare yang dimasukkan ke dalam gelas dan diseduh dengan air panas kemudian dikonsumsi minimal sehari sekali.

Setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan. Faktanya para ahli Onkologi (cabang ilmu biologi medis yang mempelajari proses terjadinya kanker) menyebut bahwa tidak ada bukti yang kuat bahwa cara tersebut dapat mengobati kanker.

Melalui AFP, Dr Sandani Wijerathne, seorang ahli bedah onkologi senior dan anggota dari Sri Lanka College of Oncologists mengatakan bahwa informasi tersebut sangat menyesatkan dan informasi semacam itu tidak boleh disebarkan kembali.

Dengan demikian, pare dapat menghancurkan sel kanker dan mengobati kanker adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33X9873

= = =