[SALAH] Partai Buruh Deklarasikan Anies Baswedan
By: Date: 31 Januari 2024 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari

Deklarasi dukungan bukan diberikan oleh Partai Buruh, melainkan oleh Poros Buruh Untuk Perubahan. Keduanya tidak saling terafiliasi.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1706528037.101896/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “Efek besar dari Yenny Wahid ! Kini partai buruh resmi deklarasikan Anies presiden 2024”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube GARUDA POLITIK mengunggah video dengan klaim Partai Buruh deklarasikan dukungannya kepada calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan pada Pemilu 2024 mendatang. Hal ini disebut dikarenakan efek besar dari Yenny Wahid yang disebut mendukung Anies juga.

Namun tidak ditemukan informasi valid dalam video yang mendukung klaim tersebut. Cuplikan dalam video merupakan kumpulan video yang tidak saling berkaitan. Salah satunya adalah cuplikan Konsolidasi Persatuan Buruh Indonesia Provinsi DKI Jakarta yang dilakukan pada 11 Februari 2023 lalu.

Dalam konsolidasi tersebut Partai Buruh Provinsi DKI Jakarta konsolidasikan Penolakan Isi Perppu Cipta Kerja, Kebijakan Jalan Berbayar alias Electronic Road Pricing (ERP) dan RUU Kesehatan serta Pemenangan Dalam Pemilu Tahun 2024.

Sedangkan faktanya, yang memberikan dukungan kepada Anies bukanlah Partai Buruh, melainkan Poros Buruh untuk Perubahan DKI Jakarta. Deklarasi tersebut dilakukan di kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Federasi Serikat Pekerja (FSP) Logam, Elektronik dan Mesin (LEM) Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Jakarta Timur, pada 15 November 2023.

Dikutip dari VOA Indonesia, Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan tidak akan memilih dan memberikan dukungan kepada semua calon presiden dan calon wakil presiden dalam pemilihan presiden pada Februari 2024. Ia beralasan tidak ada satu pun kandidat capres dan cawapres yang bersedia melakukan kontrak politik dengan buruh. Selain itu, para kandidat juga tidak mau menghadiri undangan yang disampaikan Partai Buruh untuk berdialog.

Selain itu, Yenny Wahid yang disebut memberikan dukungan kepada Anies juga merupakan informasi yang salah. Saat ini Yenny Wahid merupakan Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Paslon nomor urut dua, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

=====

[REFERENSI]:

– https://warta.in/partai-buruh-menggelar-konsolidasi-persatuan-buruh-indonesia-dki-jakarta/
– https://www.youtube.com/watch?v=OdzERrejskw
– https://rmol.id/politik/read/2023/10/15/593214/dukung-pasangan-amin-poros-buruh-untuk-perubahan-dki-jakarta-dideklarasikan
– https://www.voaindonesia.com/a/buruh-tidak-mendukung-semua-capres-di-pemilu-2024/7405957.html
– https://nasional.okezone.com/read/2024/01/29/337/2962517/yenny-wahid-ungkap-banyak-slankers-nyatakan-dukung-ganjar-mahfud