[SALAH] Paus Fransiskus akan Mengganti Alkitab dengan “Biblia 2000”
By: Date: 18 Januari 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR

Informasi Palsu. Tidak ada informasi resmi dan kredibel yang menyatakan bahwa Paus Fransiskus akan mengganti Alkitab dengan “Biblia 2000”.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Satire

=====

SUMBER: Facebook

https://archive.ph/SoOXK

=====

NARASI:
Pope Francis cancels the Bible and proposes to create a new book
thereisnews.com
avalaible in Spanish here Pope Francis has surprised the world today by announcing that The Bible is totally outdated and needs a radical change, so The Bible is officially canceled and it’s announced a meeting between the highest personalities of the church where it will be decided the book that will replace it, its name and its content. Some names are already being considered and the one that has more strength is “Biblia 2000”.
“WE ARE AWAITING THE REPLACEMENT BIBLE CALLED BIBLIA 2000

THIS POPE IS WORKING”

=====

PENJELASAN:

Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama “Abou Konoba Fofana”, yang memposting sebuah screenshot artikel berita berjudul “Pope Francis cancels the Bible and proposes to create a new book” (terjemahan: Paus Fransiskus Menghapuskan Alkitab dan Mengusulkan untuk Membuat Sebuah Buku Baru).

Narasi pada artikel mengatakan bahwa Paus Fransiskus mengumumkan jika Alkitab telah kadaluwarsa dan diperlukan sebuah kitab baru dengan pergantian yang radikal. Sejalan dengan agenda pergantian ini akan diadakan pertemuan para petinggi gereja untuk membicarakan mengenai nama kitab yang baru dan konten di dalamnya. Salah satu nama yang sudah diusulkan yakni “Biblia 2000”.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, postingan Abou Konoba Fofana tidak benar. Tidak ada pemberitaan resmi dan kredibel yang menginformasikan bahwa Paus Fransiskus akan mengganti Alkitab dengan kitab baru yakni “Biblia 2000”.

Pun website resmi yang biasa memberitakan kegiatan Paus, the Holy See Press Office, serta beberapa departemen Kuria Roma, tidak satupun mengeluarkan pemberitaan resmi terkait penggantian Alkitab.

Selain itu, website thereisnews.com yang menjadi sumber pemberitaan tersebut diketahui merupakan website yang berisi konten berita Satir, dengan kata lain isi dalam website tersebut adalah berita-berita humor yang bertujuan untuk hiburan serta tidak dapat dipertanggung-jawabkan kebenarannya.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Abou Konoba Fofana adalah tidak benar dan termasuk kategori Satire.

=====
REFERENSI:
https://www.indiatoday.in/fact-check/story/fact-check-pope-francis-did-not-say-he-will-replace-the-bible-with-new-book-biblia-2000-1893473-2021-12-28

Legal Warging

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian