[SALAH] PDIP Resmikan Duet Ganjar – Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024
By: Date: 19 September 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi yang menjelaskan peresmian Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil yang akan maju pada Pilpres 2024. Narasi yang dibacakan hanya menjelaskan tentang kecocokan Ganjar dengan Ridwan Kamil jika dipasangkan sebagai capres dan cawapres. Hingga saat ini PDIP belum memutuskan wakil presiden untuk Ganjar pada Pilpres 2024 mendatang.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1694772259.34323/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “GEGER MALAM INI || PDIP RESMI DUET GANJAR & RIDWAN KAMIL MAJU DI PILPRES 2024”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Kabar News mengunggah video dengan klaim Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmikan pasangan Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil untuk maju di Pilpres 2024.

Gambar pratinjau yang ditampilkan dalam video merupakan hasil manipulasi. Foto aslinya dapat ditemukan di artikel Republika dengan judul “Momen Keakraban Megawati, Ganjar dan Jokowi Seusai Deklarasi Capres PDIP.”

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi valid yang menjelaskan klaim yang ada pada video. Narasi yang dibacakan justru identik dengan artikel yang diunggah oleh Ayo Bandung dengan judul “Kurang Dari 30 Hari Menuju Pendaftaran, PDIP Benarkan Ridwan Kamil Masuk Bacawapres Ganjar Pranowo”.

Artikel yang diunggah pada 11 September 2023 tersebut menjelaskan tentang kecocokan Ganjar Pranowo dengan Ridwan Kamil jika dipasangkan sebagai capres dan cawapres. Keduanya dikatakan cocok karena memiliki kekuatan di daerah yang berbeda, sehingga jika disatukan elektabilitas Ganjar akan meningkat.

Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga membenarkan Ridwan Kamil masuk ke dalam salah satu bacawapres Ganjar Pranowo. Ia juga mengatakan dapat mengambil nama siapa saja dalam hal mencalonkan calon presiden.

Namun hingga saat ini PDIP belum memutuskan siapa yang akan menjadi wakil presiden untuk Ganjar pada Pilpres 2024 mendatang.

Dikutip dari Detik Sumut, Ridwan Kamil memang ditawari posisi cawapres Ganjar Pranowo saat bertemu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri. Namun Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memastikan bahwa posisi Ridwan Kamil adalah Calon Gubernur Jabar di Pilkada 2024.

=====

[REFERENSI]: