[SALAH] PDIP SE-JAWA TIMUR MEMBELOT DUKUNG ANIES BASWEDAN
By: Date: 29 September 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut merupakan video pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Banteng Muda Indonesia se-Jawa Timur yang dilaksanakan di Padepokan Reog Ponorogo pada Minggu, 26 Februari 2023 yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695650951.655742/index.html (Facebook)

=======

[NARASI]:
PDIP KAB BLITAR JATIM KINI TELAH MEMBELOT PILIH ANIES BASWEDAN
Bahkan PDIP se jatim

INI MEMBUKTIKAN BAHWA RAKYAT INDONESIA SUDAH BANYAK YG SADAR
karena pr ketum parpolnya hanya mementingkan kepentingan pribadi

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari pengguna facebook bernama Arni Mawarni bernarasikan bahwa PDIP se-Jawa Timur membelot pilih dukung Anies Baswedan.

Setelah dilakukan penelusuran, video yang ditampilkan tersebut identik dengan video unggahan channel youtube Harian Surya berjudul “Pengurus DPC BMI Se-Jatim Dilantik, Siap Dapatkan Suara Milenial untuk Menangkan PDI Perjuangan” yang tayang pada 26 Februari 2023.

Video tersebut merupakan peristiwa pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Banteng Muda Indonesia (BMI) se-Jawa Timur yang dilaksanakan di Padepokan Reog Ponorogo pada Minggu, 26 Februari 2023.

Dalam video aslinya tidak terdapat suara yang menyerukan dukungan kepada Anies Baswedan seperti yang ditayangkan dalam video klaim tersebut.

Dengan demikian, klaim narasi yang menyatakn bahawa PDIP se-Jawa Timur membelot pilih dukung Anies Baswedan tidak benar dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/09/25/175600782/-hoaks-video-pdi-p-jatim-deklarasi-dukungan-untuk-anies-baswedan?page=all#page2