[SALAH] Pembina Brimob Saat Ini Adalah Thahir, Nama Aslinya Ang Tjoeng Ming
By: Date: 18 September 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Informasi menyesatkan dan merupakan hoaks daur ulang. Dato Sri Thahir bukanlah pembina Brimob. Foto tersebut merupakan foto Dato Sri Tahir yang tengah memberikan sambutan setelah menerima anugerah sebagai warga kehormatan Korps Brimob pada tahun 2018 lalu.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://s.id/1TQ9d)

======

[NARASI]:

“Perlu diketahui bahwa PEMBINA BRIMOB saat ini adalah Thahir nama aslinya Ang Tjoeng Ming. Dia adalah bos mayapada group sekaligus sodara ipar James Riyadi boss lippo group. Fix ya.. sekarang kalian tahu siapa pembina polisi. Taipan jadi pembina di Kepolisian.Kaya gak ada pribumi aja”.

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook bernama Larose mengunggah kolase foto Dato Sri Thahir yang bernama asli Ang Tjoeng Ming dan diklaim merupakan pembina Brimob. Dalam beberapa foto terlihat Thahir tengah dipasangkan pin oleh Jokowi, dan ada foto dirinya berpidato mengenakan seragam Brimob.

Berdasarkan penelusuran, foto Thahir dan Jokowi adalah momen penghargaan Bintang Mahaputera Naraya yang disematkan Presiden Jokowi kepada Founder dan Chairman Mayapada Group Dato’ Sri Prof DR Tahir, MBA atas jasa-jasanya yang luar biasa di berbagai bidang dan bermanfaat bagi rakyat Indonesia. Pemberian penghargaan kepada Dato’ Sri berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 97-TK/Tahun 2018.

Kemudian foto Dato Sri Thahir lainnya adalah momen saat dirinya dianugerahkan sebagai Warga Kehormatan Korps Brimob. Brimob memberikan apresiasi lantaran pengusaha kelahiran Surabaya itu, telah banyak membantu Korps dalam berbagai hal.

Kemudian foto Thahir yang tengah mengenakan seragam Brimob diambil ketika Thahir sedang memberikan sambutan setelah menerima anugerah sebagai warga kehormatan Korps Brimob pada tahun 2018 lalu.

Informasi menyesatkan serupa setidaknya beredar sejak tahun 2019 lalu. Salah satu artikel yang sudah diverifikasi oleh laman turnbackhoax.id berjudul “[SALAH] Bos Mayapada Jadi Pembina Brimob dan TNI”, (29/05/2019).

======

REFERENSI:

https://www.beritasatu.com/nasional/505603/pendiri-mayapada-group-diberikan-bintang-kehormatan-ri