[SALAH] Penembakan dari pesawat oleh tentara Israel
By: Date: 27 Januari 2024 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan

BUKAN serangan Israel, video tersebut merupakan aksi pesawat serang Su-25 menyerang unit Angkatan Bersenjata Ukraina ke arah Donetsk.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
=================
Kategori: Konten menyesatkan
=================

Beredar sebuah pesan berantai yang menunjukan video rekaman kokpit penembakan yang diklaim dilakukan oleh tentara Israel untuk menembak warga Palestina, dengan narasi sebagai berikut :

NARASI:
Allahuakbaarr!!! sebagai umat muslim kita tidak bisa tinggal diam, AKsi free palestine jangan bergenti begitu saja. tentara DZALIM israel menembak mati dengan cara yang begitu kejam dan membabi buta dengan pesawat tempurnyaaaaa!!!

Sumber: WhatsApp
====================

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan serangan tembakan yang dilakukan oleh tentara Israel.

Akun twitter @blackdiammon juga mengunggah video yang serupa. Namun rekaman tersebut dijelaskan merupakan aksi pesawat serang Su-25 menyerang unit Angkatan Bersenjata Ukraina ke arah Donetsk. Setelah menggunakan senjata penerbangan, pilot melakukan manuver anti-rudal dan kembali ke lapangan terbang keberangkatan. Menurut laporan penembak pesawat depan, semua target yang ditentukan telah tercapai.

Dengan demikian, informasi video yang diklaim sebagai serangan Israel terhadap Palestine adalah tidak benar, sehingga masuk kedalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://twitter.com/blackdiammon/status/1747645216415178927
https://www.youtube.com/watch?v=Dn19_XeQmis