[SALAH] “Perut saya ketimpa semen, usus saya turun ke dengkul. Turun berok.”
By: Date: 18 Oktober 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Noy Husain (Relawan Mafindo).

Turun berok, atau secara medis disebut penyakit hernia, merupakan kondisi di mana organ dalam tubuh menonjol melalui celah pada otot atau jaringan penyangga di dalam tubuh. Kondisi ini disebabkan oleh melemahnya otot atau jaringan penyangga organ tubuh. Turun berok bisa terjadi di perut, pusar, dan selangkangan, tidak sampai ke dengkul/lutut.

===========================================
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan
===========================================

NARASI:
“Saya dulu mandul, gak bisa punya anak. Sudah divonis sama dokter. Saya dulu kerja bangunan, kecelakaan, turun berok ketimpa mesin semen. Saya jatuh, perut saya ketimpa semen, usus saya turun ke dengkul, turun berok. Disuruh operasi, saya gak punya duit. Akhirnya lama-kelamaan makin bengkak, karena itu sudah kelewat sakit, saya ke dokter. Kata dokter, “yah, pak, ini udah mandul. Gak bisa punya anak. Kelilit semua ini, ususnya turun ke bawah, melar.”

SUMBER: TikTok dan You Tube
Tautan:
https://vt.tiktok.com/ZGJ3oPNwP/
//https://archive.cob.web.id/archive/1697419271.154291/output.html
https://youtu.be/NJnRBaHve8w 22:25
//https://archive.cob.web.id/archive/1697200331.220234/index.html

===========================================

PENJELASAN:

Sebuah video di-posting di TikTok oleh akun @wali.id, video tersebut merupakan potongan wawancara antara selebritas Baim Wong dan pemilik Rumah Makan Gratis, Aditya Prayoga.

Aditya menceritakan bahwa ia pernah dinyatakan mandul oleh dokter setelah mengalami hernia atau turun berok, di mana ususnya turun hingga ke dengkul. Video sudah ditonton sebanyak 25,1 juta kali sejak di-posting pada tanggal 16 Oktober 2022, dan disukai sebanyak 866,1 ribu kali.

Setelah melakukan pencarian informasi menggunakan Google, saya menemukan beberapa artikel tentang hernia atau turun berok.

Dalam artikel di alodokter.com dijelaskan bahwa turun berok hanya terjadi di perut, pusar, dan selangkangan.

Menurut sebuah artikel kesehatan di Liputan6.com, hernia adalah gangguan kesehatan akibat timbulnya benjolan pada tubuh karena terjadi tekanan dalam tubuh hingga menekan bagian otot atau jaringan di sekitarnya. Hernia biasa juga disebut dengan turun berok. Penyakit ini biasanya muncul di area antara dada dan pinggul.

Dengan demikian, pernyataan turun bero hingga dengkul/lutut adalah keliru.

REFERENSI:
https://www.alodokter.com/turun-berok-jangan-dianggap-sepele-ketahui-penanganan-yang-tepat
https://www.liputan6.com/health/read/3908658/kenali-penyakit-hernia-penyebab-dan-cara-mengobatinya-agar-tak-semakin-parah