[SALAH] Peserta Wawancara Pertamina Harus Membayar Biaya Akomodasi
By: Date: 28 Oktober 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Informasi mengenai rekrutmen Pertamina hanya disampaikan melalui email domain resmi Pertamina yakni [email protected].

= = = =

KATEGORI: impostor content atau konten tiruan

= = = =

SUMBER:
Tangkapan layar Whatsapp

= = = =

NARASI:

“Kepada Yth:
Peserta Tes Calon Karyawan (i) PT Pertamina Persero
di Tempat:

Berdasarkan hail evaluasi tim seleksi terhadap lamaran kerja Saudara yang kami terima, dengan ini kami sampaikan bahwa berkas lamaran Saudara memenuhi persyaratan yang ditetapkan, sehingga Saudara dapat mengikuti tes seleksi calon Karyawan (I) PT Pertamina Persero Untuk dapat mengikuti seleksi ini Saudara di wajibkan membawa KTP / SIM (Kartu identitas diri asli) Serta Surat Panggilan Tes yang sudah di Kirim via E-mail ke masing-masing peserta (Surat Mohon di Print). Peserta yang namanya terdaftar diharapkan untuk mengikuti pengarahan yang akan diselenggarakan pada,

Hari/Tgl :Rabu,20 Oktober 2021 s/d Kamis, 21 Oktober 2021
Waktu :Pkl 08,00 WIB
Tempat :Gedung Perwira 2 Lantal 1
Alamat :Jl. Medan Merdeka Timur 1A, Jakarta Pusat 10110

Peserta diharapkan hadir tepat waktu dan membawa berkas-berkas kelengkapan administrasi yang diminta (terlampir). Peserta yang mendapatkan surat panggilan Interview, khusus yang berasal dari luar kota, anda hanya diundang untuk mengikuti seleksi tahap tes 1 jakarta. Penempatan kerja untuk semua karyawan, ditempatkan didaerah masing-masing. Calon Karyawan yang mengikuti tahapan tersebut diatas alan mendapat fasiltas dari PT Pertamina Persero. Berupa biaya transportasi dan akomodasi (penginapan dan komsumsi), dimana dalam pelaksanaanaya menggunakan metode
penggantian yatu,Biaya transportasi dan akomdasi tersebut untuk sementara ditalangi atau menjad beban sementara pada Calon Karyawan (i) / peserta dan akan mendapat penggantian biaya tersebut di atas oleh pihak PT Pertamina Persero. Penggantian biaya tersebut akan dilaksanaan sebelum kegiatan tersebut di mulai dan hal in berlaku untuk semua peserta / Calon Karyawan (i) Yang mengikuti Tahapan seleksi ini (Lampiran : Prosedur Penggantian Dana Transportasi).”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi melalui pesan Whatsapp yang diklaim merupakan surat panggilan wawancara dari PT. Pertamina. Narasi dalam surat panggilan tersebut mengatakan bahwa peserta wawancara akan menerima biaya akomodasi dari PT. Pertamina berupa biaya transportasi, konsumsi dan penginapan. Namun, biaya tersebut akan menjadi beban peserta wawancara terlebih dahulu, kemudian akan diganti oleh PT. Pertamina.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Segala bentuk informasi mengenai pross rekrutmen PT. Pertamina hanya disampaikan melalui email dengan domain resmi milik Pertamina, yakni [email protected]. PT. Pertamina mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati terhadap informasi rekrutmen yang bersumber dari Pertamina.

Dengan demikian, surat panggilan wawancara PT. Pertamina yang meminta peserta wawancara membayar biaya akomodasi tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori impostor content atau konten tiruan.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/5b2eMYaN-anda-terima-surat-panggilan-tes-kerja-di-pertamina-cek-faktanya
  2. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/nbwXxGDk-cek-fakta-beredar-lagi-surat-panggilan-wawancara-pt-pertamina-tapi-peserta-harus-bayar-dulu-ini-faktanya

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian