[SALAH] PETARUHKAN NYAWA DEMI NKRI!! SEKUTU SEIMAN RI KIRIMKAN RIBUAN PASUKAN ELITE KE PERBATASAN LAKUKAN INI
By: Date: 1 Februari 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksafakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Video merupakan editan dari latihan gabungan U.S Army dan TNI pada 6 Agustus 2021 serta latihan pasukan angkatan udara Rusia dan SOF Belarusia pada 14 Oktober 2017 disertai dengan narasi yang salah.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1675089179.10349/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
PETARUHKAN NYAWA DEMI NKRI!!

SEKUTU SEIMAN RI KIRIMKAN RIBUAN PASUKAN ELITE KE PERBATASAN LAKUKAN INI

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube DUNIA BERITA mengunggah video dengan judul: “PETARUHKAN NYAWA DEMI NKRI!! SEKUTU SEIMAN RI KIRIMKAN RIBUAN PASUKAN ELITE KE PERBATASAN LAKUKAN INI” pada tanggal 24 Januari 2023. Dalam video disebutkan bahwa pasukan elit Iran diam-diam masuk Australia bantu serangan Rusia dan Indonesia.

Penelusuran menunjukkan bahwa video tersebut merupakan kumpulan video latihan perang yang diedit dengan narasi yang tidak sesuai. Cuplikan video pertama yang ditampilkan adalah video latihan gabungan antara Prajurit Angkatan Darat Amerika Serikat (U.S. Army Soldiers) dan Tentara Nasional Indonesia di Baturaja pada 6 Agustus 2021.

Video lain yang ditampikan adalah video latihan pasukan angkatan udara Rusia dan SOF Belarusia di arena pelatihan Strugi Kranye yang diunggah oleh akun resmi Kementerian Pertahanan Rusia pada tanggal 14 Oktober 2017.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan beberapa latihan perang dan narasi bahwa Iran membantu Indonesia dalam perang dengan Australia merupakan narasi yang salah.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=4yv7jF3upDg
https://www.youtube.com/watch?v=02VRsZI6ls4