[SALAH] Pidato Surya Paloh Menyadari Kesalahan Mencalonkan Anies Sebagai Calon Presiden 2024
By: Date: 31 Januari 2024 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Video tidak lengkap. Aslinya, Surya Paloh sedang menceritakan bahwa banyak pihak-pihak yang meragukan NasDem. Surya Paloh mengutarakan ada pihak yang berkata “betapa bodohnya NasDem menempatkan calon presiden yang tidak populer karena dianggap bahwasanya membawa pikiran yang bertentangan dengan komitmen kebangsaan,” ucap Surya Paloh saat Launching ‘NasDem Memanggil’ pada Oktober 2022 lalu.

[KATEGORI]
Konten yang menyesatkan

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1706343168.050168/index.html

[NARASI]
“sabar ak… kesalahan saat ini mencalonkan anis menjadi calon presiden 2024, bukan yang terakhir dalam perjuangan untuk memajukan negara in 2029 masih ada
kesempatan” SURYA PALOH SANG PEMIMPIN PARTAI NASDEM, TELAH MENYADARI”

[PENJELASAN]
Akun TikTok @kitaingin mengunggah cuplikan video saat Surya Paloh bercerita tentang eksistensi partainya. Pada video itu terdengar Surya Paloh berkata “ada juga yang mengatakan betapa bodohnya NasDem menempatkan calon presiden yang tidak populer karena dianggap bahwasanya membawa pikiran-pikiran yang bertentangan dengan komitmen kebangsaan.” Pengunggah menambahkan narasi yang seolah-olah menggiring oponi jika Paloh mengakui kesalahannya dalam memilih Anies sebagai Calon Presiden 2024.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, video pidato Surya Paloh tersebut terjadi pada 17 Oktober 2022 saat peluncuran program ‘NasDem Memanggil’ di NasDem Tower. Video lengkap pidato Surya Paloh tersebut dapat dilihat pada kanal YouTube MetroTv, yang berjudul “Peluncuran Program Partai NasDem Memanggil.”

Pada menit 41:20 Surya Paloh mulai berbicara perihal eksistensi NasDem “ada yang mempertanyakan eksistensi kita sebagai partai politik.” Tepat pada menit 
41:30 Surya Paloh menyinggung tentang ada pihak yang meragukan NasDem. “ada juga yang mengatakan betapa bodohnya NasDem menempatkan calon presiden yang tidak populer karena dianggap bahwasanya membawa pikiran-pikiran yang bertentangan dengan komitmen kebangsaan” ucap Paloh.

Dengan demikian, pidato Surya Paloh yang menyadari kesalahannya memilih Anies sebagai Capres adalah tidak benar. Saat itu Surya Paloh menirukan ucapan pihak lain yang menyebut keraguan pada NasDem tersebut. Jadi, kalimat pada klaim bukan berasal dari Paloh secara langsung melainkan Paloh merepresentasikan pihak lain.

[REFERENSI]

https://youtu.be/cE6_oVm15Fk?si=VakelKcPE4Hz-CZl

https://news.detik.com/pemilu/d-6353868/paloh-bicara-nasdem-dianggap-bodoh-capreskan-tokoh-tak-populer