[SALAH] Poster Warning dari Ibu Sri “Indonesia Dimiskinkan”
By: Date: 15 Januari 2024 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ

Poster warning dari ibu Sri “Indonesia Dimiskinkan” yang mana terdapat informasi bahwa anggaran alutsista mengakibatkan gaji pegawai Pemda menjadi nihil sampai klaim semua biaya negara habis untuk kampanye Prabowo Gibran merupakan hoaks. Faktanya, Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo bahwa menegaskan Sri Mulyani tidak pernah mengatakan apa yang ada di poster tersebut.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =

SUMBER: Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1704887193.8776/index.html

= = = = =

NARASI:
“Indonesia Dimiskinkan

#ganas #GerakanNasionalSiber #beritasiber #beritatiktok #beritaviral #sibertiktok #kejahatansiber #beritaterbaru #beritaviraltiktok #beritapejabat #pejabatviral #kejahatan #pejabatkorup”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook rakyat1945indonesia memposting sebuah gambar poster yang memuat beberapa keterangan yang diklaim pernyataan dari Sri Mulyani MenKeu Indonesia dimiskinkan dengan anggaran belanja alutsista sebesar Rp63,8 triliun. Dengan anggaran tersebut mengakibatkan dana untuk menggaji pegawai di Pemda menjadi nihil. Disebutkan juga Sri Mulyani kecewa dan mengajukan pengunduran diri. Terdapat dua kalimat langsung “Saat ini yang sebenarnya kolaps adalah Waskita Karya, 2 tahun karyawannya tidak digaji.” dan”Semua biaya negara habis untuk membiayai kampanye Prabowo-Gibran”.

Setelah ditelusuri, Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo mengatakan bahwa isi poster tersebut hoaks. Informasi yang diklaim sebagai keterangan dari Sri Mulyani di dalam poster tidak benar. Hal tersebut dijelaskan pada akun X pribadinya. Mengenai anggaran alutsista membuat gaji pegawai Pemda nihil dia pastikan tidak ada pemberitaan tersebut. Gaji pegawai Pemda dibayarkan tepat waktu dengan jumlah yang tepat. Klaim bahwa Sri Mulyani selaku Menkeu kecewa karena anggaran alutsista sejumlah 63,8 triliun disetujui Jokowi, Prastowo menjelaskan bahwa Sri Mulyani tidak pernah mengatakan hal tersebut. Kemudian pernyataan bahwa biaya negara dihabiskan untuk kampanye Prabowo – Gibran juga tidak pernah dikeluarkan oleh Sri Mulyani.

Dengan demikian poster warning dari ibu Sri “Indonesia Dimiskinkan” merupakan hoaks. Hal tersebut ditegaskan oleh Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo bahwa Sri Mulyani tidak pernah mengatakan apa yang ada di poster tersebut, sehingga masuk dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:
https://twitter.com/prastow/status/1743157828725158146
https://news.detik.com/pemilu/d-7126138/stafsus-sri-mulyani-pastikan-poster-alutsista-miskinkan-indonesia-hoax