[SALAH] Putri Esmat Al-Dowleh Lambang Kecantikan Persia pada Abad ke-19 dan Menyebabkan Banyak Pemuda Bunuh Diri karena Ditolak Cintanya
By: Date: 11 November 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Hoaks lama yang kembali beredar. Salah satu foto yang dilampirkan bukan merupakan foto Putri Esmat Al-Dowleh, melainkan Putri Taj al-Saltanah. Selain itu, tidak ada bukti yang menyatakan bahwa banyak pemuda bunuh diri karena cintanya ditolak oleh Putri Esmat Al-Dowleh.
Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Instagram
https://archive.cob.web.id/archive/1667829760.723187/singlefile.html

= = = = =

NARASI:

“Putri Esmat Al-Dowleh dari Persia Adalah Lambang Kecantikan Pada Abad ke-19 Persia. Banyak Pemuda yang Patah Hati Bahkan Sampai Bunuh diri karena Cintanya Ditolak Sang Putri”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Instagram dengan nama pengguna “update.dunia_” mengunggah dua buah foto yang menunjukkan wanita bangsawan. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa kedua foto tersebut merupakan foto Putri Esmat Al-Dowleh yang menjadi lambang kecantikan Persia pada abad ke-19 dan menyebabkan banyak pemuda bunuh diri karena cintanya ditolak oleh Putri Esmat.

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi tersebut adalah hoaks lama yang kembali beredar. Salah satu foto yang dilampirkan bukan merupakan foto Putri Esmat Al-Dowleh, melainkan Putri Taj al-Saltanah.

Lebih lanjut, meskipun terdapat catatan sejarah yang menyatakan bahwa banyak pemuda yang mengagumi kecantikan Putri Esmat dan banyak lamaran yang ditolak oleh Putri Esmat, tidak ada bukti yang kredibel bahwa para pemuda tersebut bunuh diri karena cintanya ditolak oleh Putri Esmat.

Narasi serupa juga pernah beredar sebelumnya. Salah satu artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id pada 6 Januari 2020 dengan judul artikel “[SALAH] Princess Qajar Simbol Kecantikan di Persia Sampai 13 Pria Muda Bunuh Diri Karena Ditolak Cintanya”.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Instagram dengan nama pengguna “update.dunia_” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.dw.com/id/foto-langka-putri-harem-persia/g-19427374

https://turnbackhoax.id/2020/01/06/salah-princess-qajar-simbol-kecantikan-di-persia-sampai-13-pria-muda-bunuh-diri-karena-ditolak-cintanya/

https://turnbackhoax.id/2022/01/12/salah-putri-qajar-dengan-kumis-tipis-yang-menjadi-simbol-kecantikan-persia-di-awal-tahun-1900-an/

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian