[SALAH] Ramzi Berhasil Ajak Raffi Ahmad untuk Mendukung Anies Baswedan
By: Date: 31 Oktober 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Konten yang menyesatkan. Gambar pratinjau, cuplikan, dan narasi dalam video tidak berkaitan dengan klaim yang menyebut Ramzi berhasil mengajak Raffi Ahmad untuk ikut mendukung Anies Baswedan.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1698681508.882599/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “mengajutkan:bangbang:Ramzi berhasil ajak Raffi Ahmad berjuang untuk Anies, artis top ini bikin lawan panik..”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube NEGARA POLITIK mengunggah video dengan klaim pembawa acara Ramzi berhasil mengajak artis Raffi Ahmad untuk ikut berjuang mendukung Anies Baswedan pada kontestasi politik Pilpres 2024.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ditemukan informasi valid yang mendukung klaim yang beredar. Narasi yang dibacakan dalam video justru identik dengan artikel yang diunggah Tribun Jabar yang berjudul “Rajiv dan Ramzi Dampingi Anies Baswedan Hadiri Jabon Bersholawat di Kabupaten Bogor.”

Dalam artikel tersebut menjelaskan tentang Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasdem Jabar, Rajiv bersama artis nasional Ramzi hadir mendampingi capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menghadiri acara Tablig Akbar Jabon Bersholawat di Lapangan Jabon Mekar, Kabupaten Bogor, pada 26 Oktober 2023.

Foto yang mirip dengan gambar pratinjau ditemukan pada akun Instagram @raffinagita1717 yang menampilkan Raffi Ahmad bersama Anies Baswedan serta seorang perempuan berkerudung berwarna biru.

Foto tersebut merupakan dokumentasi pada saat pengajian yang diadakan Raffi dan Nagita dalam rangka perayaan ulang tahun pada 19 Februari 2017.

=====

[REFERENSI]: