[SALAH] RATUSAN KAPAL PERANG TNI AL DISIAPKAN MENUJU TAIWAN
By: Date: 31 Mei 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya isi dalam video klaim tersebut berisi cuplikan-cuplikan video dari berbagai peristiwa yang berbeda. Kepala Pusat Penerangan TNI memastikan bahwa informasi tersebut adalah hoax.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1685172492.402637/turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2023/05/SS-FB.pdf (Facebook)

=======

[NARASI]:
Perang Segera Dimulai, Ratusan Kapal Perang TNI AL Disiapkan Menuju Ke Taiwan

INTELEJEN:PERANG SUDAH DIDEPAN MATA
RATUSAN KAPAL PERANG TNI AL DISIAPKAN MENUJU TAIWAN

=======

[PENJELASAN]:
Beredar video dari akun facebook bernama Onde Mande dengan narasi yang menyatakan bahwa perang segera dimulai dan ratusan kapal perang TNI AL disiapkan menuju ke Taiwan.

Setelah dilakukan penelusuran, isi dalam video klaim tersebut berisi cuplikan-cuplikan video dari berbagai peristiwa yang berbeda.

Video awal yang menampikan simulasi militer yang dilakukan China identik dengan video unggahan channel youtube resmi Harian Kompas berjudul “China Kepung Taiwan Lewat Simulasi Latihan Militer” yang diunggah pada 11 April 2023.

Berikutnya, cuplikan yang menampilkan video latihan militer tentara China tersebut identik dengan video unggahan channel resmi Kompas.com berjudul “Siaga Tempur, China Gelar Latihan Militer di Selat Taiwan” yang tayang pada 8 April 2023.

Potongan video selanjutnya yang menampilkan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen tersebut identik dengan video unggahan channel youtube resmi Kompas.com berjudul “Geram Lihat Latihan Militer China, Presiden Taiwan: Negara Tak Bertanggung Jawab” yang diunggah pada 11 April 2023.

Melansir tempo.co, informasi disiapkannya ratusan kapal perang TNI AL menuju Taiwan dibantah oleh Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana TNI Julius Widjojono: Informasi tersebut sudah dipastikan hoax dan tidak berdasar.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa ratusan kapal perang TNI AL disiapkan menuju Taiwan tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimannipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2293/menyesatkan-tni-al-siapkan-ratusan-kapal-perang-ke-taiwan