[SALAH] “ROHINGNYA MULAI MASUK KENJERAN SURABAYA”
By: Date: 5 Januari 2024 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

BUKAN Rohingnya, melainkan kejadian protes pedagang kaki lima (PKL) atas penertiban yang dilakukan oleh Satpol PP Kota Surabaya di kawasan Pantai Kenjeran Surabaya.

KATEGORI: MISLEADING CONTENT/ KONTEN YANG MENYESATKAN

===

SUMBER: TIKTOK

===

NARASI: “ROHINGNYA MULAI MASUK KENJERAN SURABAYA”

https://vt.tiktok.com/ZSN7cG2ta/
https://archive.cob.web.id/archive/1704366153.88541/index.html

===

PENJELASAN: Akun TikTok SATE SARAWAK ORIGINAL mengunggah sebuah video yang berisi narasi “ROHINGNYA MULAI MASUK KENJERAN SURABAYA”. Terlihat dalam video sekelompok orang tengah merusak pagar pembatas antara pantai dengan jalan.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut pada beberapa kanal resmi, diketahui jika video tersebut bukan merupakan kejadian etnis muslim Rohingnya. Ditemukan video serupa pada kanal YouTube Kompas.com dan INews, yang menerangkan jika kejadian dalam video tersebut merupakan aksi demo pedagang kaki lima di Pantai Kenjeran, Surabaya. Demo tersebut dipicu lantaran adanya penertiban yang dilakukan oleh Satpol PP setempat.

Berdasar seluruh referensi, unggahan akun TikTok SATE SARAWAK ORIGINAL dengan klaim jika Rohingnya telah memasuki kawasan Kenjeran Surabaya adalah tidak benar. Unggahan tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

===

REFERENSI: