[SALAH] SBY Ajak Mencoblos Nomor 1 Pasangan Amin
By: Date: 20 Desember 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Video SBY mengajak untuk coblos nomor 1 pasangan Amin merupakan potongan video yang tidak lengkap. Faktanya, video yang lengkap adalah SBY memberikan dukungan dan mengajak untuk mencoblos Zairullah Azhar dan Muhammad Safi’i pada 2015.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1702357230.535584/index.html

= = = = =

NARASI:
“Coblos Nomor 1”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Ongus Kodew memposting reels video SBY mengatakan “coblos nomor 1”. Dalam video tersebut terdapat gambar pasangan Capres nomor urut 1 yaitu Anies dan Cak Imin. Terdapat juga narasi “salam perubahan untuk persatuan 🙏🏻, Siap Pak Sy Akan Coblos No.1”.

Setelah ditelusuri video tersebut merupakan video potongan. Video yang identik ada pada kanal Youtube Relawan 1Nusa dengan judul “DUKUNGAN SBY CAGUB DAN CAWAGUB KALIMANTAN SELATAN” diunggah pada 30 November 2015. Jika disimak secara lengkap SBY dalam video tersebut bukan menyatakan dukungan kepada Anis dan Cak Imin namun kepada pasangan Zairullah Azhar dan Muhammad Safi’i. Berikut transkrip yang dikatakan SBY dalam video asli.

“Saya SBY yang pernah 10 tahun memimpin dan menjalankan pemerintah di negeri ini meyakini pasangan Zairullah Azhar dan Muhammad Safi’i mampu memimpin Provinsi Kalimantan Selatan, coblos nomor satu”. Video SBY tersebut juga menjadi bahan hoaks pada Februari 2019 dengan klaim dukungan ke nomor 1 pasangan Jokowi Amin.

Dengan demikian video SBY mengajak untuk coblos nomor 1 pasangan Amin merupakan potongan video yang tidak lengkap. Video yang lengkap adalah SBY memberikan dukungan dan mengajak untuk mencoblos Zairullah Azhar dan Muhammad Safi’i, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=gjfRSU_DUbY
https://turnbackhoax.id/2019/02/23/salah-sby-suruh-coblos-nomor-01-jokowi-amin/